18 Rekomendasi Wisata Cirebon Terbaik dan Wajib Dikunjungi

gozarane.com – Sebagian masyarakat Indonesia menganggap bahwa liburan lokal yang menakjubkan adalah ke Bali. Padahal, terdapat sebuah kota di Jawa Barat yang memiliki aneka tempat eksotis, unik, dan menyejukkan. Wisata Cirebon saat ini tak kalah menarik dibanding daerah lainnya di tanah air.

Potensi wisata yang menakjubkan tidak membuat harga tiket masuk wisata di Cirebon menguras kantong. Bahkan banyak alternatif liburan meurah yang cocok untuk datang bersama keluarga, kerabat, dan kawan-kawan.

18 Rekomendasi Tempat Wisata Cirebon

Kota Cirebon terkenal dengan Jalan Panturanya yang terdengar hingga seantero tanah air. Padahal, ikon tersebut hanya menjadi salah satu daya tarik saja. Objek wisata di kota udang ini cukup lengkap mulai dari pegunungan, pantai, air terjun, hingga taman hiburan, simak selengkapnya disini.

1. Telaga Niren

Telaga Niren

Salah satu tempat wisata Cirebon terbaru yang akhir-akhir ini hype adalah Telaga Niren. Tidak sedikit yang membuat postingan Instagram dengan tag lokasi perairan jernih nan sejuk ini. Pemandangan di sekitarnya juga begitu hijau dan asri.

Tak heran jika telaga ini dianggap Instagrammable sehingga banyak dikunjungi, baik oleh warga sekitar maupun dari luar kota. Kondisi airnya begitu bening dan jernih sehingga memiliki sebutan telaga biru. Nuansa kesejukan langsung terasa begitu Anda menapaki tempat ini.

Salah satu spot foto yang tidak boleh ketinggalan adalah di atas perahu atau pinggir telaga. Ada banyak perahu dengan harga sewa terjangkau yang bisa digunakan setiap pengunjung. Hasil tangkapan foto akan sangat apik terutama ketika cuaca cerah.

2. Situ Cicerem

Situ Cicerem

Desa Kaduela yang beradai di Kabupaten Kuningan, Cirebon ini memiliki pesona telaga yang airnya jenih. Perairan tersebut adalah Situ Cicerem yang kerap kali menjadi tempat mengatasi penat dan rasa stres. Tempatnya begitu indah dan dipenuhi pepohonan rindang nan hijau.

Warna airnya kebiruan sehingga ketika cuaca cerah akan memantulkan warna langit yang indah. Tidak hanya pemandangannya yang masih sangat alami, namun di dalamnya juga penuh dengan habitat ikan air tawar.

Tidak sedikit yang sengaja datang untuk berburu foto estetik, bahkan menjadikan telaga ini tempat foto prewedding. Anda bisa bersantai di pinggir telaga sambil menggelar tikar atau membuat tenda kecil-kecilan.

Jika tidak ingin ribet, sekedar jalan-jalan di sekeliling telaga pun bisa jadi pilihan. Pikiran akan terasa lebih rileks dari rutinitas pekerjaan yang monoton ketika mengunjungi wisata Cirebon Kuningan ini.

3. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon

Wisata Cirebon terdekat yang berada di Jalan Kasepuhan ini sangat direkomendasikan bagi yang menyukai sejarah. Tempat ini menyimpan banyak benda dan cerita mengenai awal mula berdirinya kota udang. Meski demikian, objek wisata ini memiliki arsitektur unik dan tidak membosankan.

Keraton ini sendiri sebenarnya menjadi wujud nyata dari akulturasi budaya setempat, ornamen Tiongkok, hingga sentuhan Isami. Salah satu Singa Barong yang menjadi point of interest tempat ini. Dulunya objek tersebut merupakan kereta kencana milik raja yang digunakan turun-temurun.

Salah satu keistimewaannya adalah desainnya yang merupakan perpaduan gaya Islam, China, dan Hindu. Pengunjung bisa menjadikannya spot foto namun tidak boleh menyentuk ataupun menaikinya.

4. Pantai Kejawan

Pantai Kejawan

Meskipun pasir pantainya tidak seputih pantai di Pulau Dewata, namun tempat wisata Cirebon ini tetap menawarkan keindahan menakjubkan. Anda akan merasa takjub dengan panorama sunset yang diiringi kapal dengan bentuk bervariasi.

Kapal-kapal tersebut akan hilir-mudik sehingga menjadi spot foto yang menarik bagi wisatawan. Di sepanjang garis pantai pun terdapat deretan hutan bakau yang terbilang asri. Pemandangannya begitu luar biasa sehingga sayang jika tidak diabadikan.

Uniknya, tempat menyejukkan ini juga memiliki mitos tersendiri terutama mengenai pasir pantainya. Konon, pasir tersebut memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai berat. Caranya adalah dengan melumurinya ke seluruh tubuh, tertarik mencoba?

5. Kampung Sabin Cirebon

Kampung Sabin Cirebon

Ketika mengunjungi Kampung Sabin Cirebon, suasana ala kawasan Ubud begitu terasa. Pada dasarnya, pengelola objek wisata ini memang mangadopsi konsep khas Pulau Dewata. Namun, tentunya dengan tetap menonjolkan keindahan alam kota Cirebon itu sendiri.

Disini, Anda akan menemukan gapura, umbul-umbul, hingga pernak-pernik khas Pulau Bali. Setelah lelah berkeliling, wisatawan bisa menikmati kuliner lezat di pinggir sawah sambil melihat pemandangan Gunung Ciremai.

Hamparan padi tampak begitu hijau dan membuat rileks pikiran. Tidak hanya saat siang hari tempat ini begitu berkesan, melainkan juga di malam hari. Terdapat lampu-lampu yang membuat suasana malam Instagramable.

6. Hutan Plangon

Hutan Plangon

Kawasan rindang yang berada di Lebak ini sangat direkomendasikan bagi yang mencari tempat wisata Cirebon murah meriah. Pada dasarnya, Hutan Plangon tidak hanya menawarkan daya tarik pemandangan alam.

Tempat ini memiliki cerita sejarah tersendiri karena menjadi tempat peristirahatan terakhir Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan. Kakak beradik dari kerajaan ini memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di kota Cirebon.

Hutan ini juga menjadi habitat asli dari monyet ekor panjang yang diawasi pengelola. Pengunjung bisa berinteraksi dengan memberikan makanan, namun sebaiknya tetap berhati-hati agar tidak membahayakan diri sendiri dan satwa.

7. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi

Salah satu kegiatan menyenangkan ketika berlibur adalah berbelanja produk khas tempat wisata tersebut. Saat berkunjung ke Cirebon, Anda bisa singgah ke Kampung Batik Trusmi. Di tempat ini menjual berbagai macam batik, namun salah satu yang paling populer adalah motif mega mendung.

Kampung ini sudah menjadi sentra produksi batik dalam waktu lama, bahkan sejak abad ke-14. Pemerintah dan masyarakat setempat semakin mengembangkannya untuk memajukan sektor pariwisata.

Tidak sekedar membeli batik, Anda juga bisa melihat langsung proses pebuatannya oleh pengrajin lokal. Terdapat kelas membatik yang bisa diikuti, caranya dengan mendaftar ke salah satu sanggar yang menyediakannya.

8. Danau Setu PatokDanau Setu Patok

Menjelang musim liburan, Danau Setu Patok memang ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini karena daya tariknya, baik dari kejernihan air maupun pemandangan alam di sekitarnya. Disini, Anda bisa melihat latar belakang panorama Gunung Ciremai yang indah dan menyejukkan.

Salah satu keunikan danau ini adalah keberadaan bukit kecil yang terlihat jelas, terutama di musim kemarau. Untuk menikmati keindahan bukit kecil tersebut, cukup membayar Rp20.000 untuk menyewa boat.

Sayangnya, kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan di musim kemarau demi alasan keamanan. Mengingat ketika musim hujan debit air akan meningkat sehingga boat tidak boleh beroperasi.

Tidak perlu khawatir, terdapat artaksi wisata lain yang bisa dipilih. Mulai dari outbond, memancing, mengendarai ATV, dan menginap di cottage.

9. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Sedang mencari referensi wisata Cirebon untuk keluarga yang menyenangkan dan terjangkau? Anda bisa memilih berkunjung ke waterpark. Salah satu yang direkomendasikan adalah Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

Waterpark ini dibangun di atas lahan seluas tiga hektar dengan banyak wahana menarik yang bisa dicoba.  Terdapat tiga buah kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi, yaitu untuk anak-anak, dewasa, dan kolam standar internasional untuk berlomba.

Tidak hanya waterpark, objek wisata ini juga mempunyai restoran unik dengan bentuk kapal raksasa. Kapal tersebut bertuliskan “Cheng Ho” seorang tokoh pelaut terkenal asal Tiongkok. Menu yang disediakan begitu menggugah selera, mulai dari baik masakan tradisional maupun modern.

10. Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi

Mau liburan yang tidak biasa di Cirebon? Salah satu destinasi yang direkomendasikan adalah Gua Sunyaragi. Ketika sampai disana, akan langsung terasa berada di dunia dongeng yang fantastis. Hal ini karena seluruh bagian gua terbuat dari batu karang dengan arsitektur unik.

Bangunan tersebut merupakan perpaduan gaya renaissance Eropa, Timur Tengah, dan China Kuno. Pada tampilan bangunan sendiri memiliki filosofi khusus  mengenai kehidupan. Konon, Gua ini menjadi tempat bersemedi keluarga kerajaan di Cirebon.

Tempatnya yang khas dengan arsitektur unik semakin banyak diincar wisatawan yang ingin mendapatkan latar belakang foto menakjubkan.

11. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

Bagi pecinta kuliner ikan, objek wisata Cirebon yang satu ini bisa menjadi tempat mengesankan. Hobi memancing akan tersalurkan dengan baik karena terdapat kolam ikan yang cukup besar. Hasil tangkapan bisa langsung diolah di tempat tersebut sambil menikmati pemandangan.

Di Desa Wisata Cikalahang Anda bisa melihat pemandangan Gunung Ciremai yang sejuk. Pengelolaan tempat wisata ini semakin gencar dilakukan tidak hanya oleh masyarakat sekitar, melainkan juga didukung pemerintah daerah.

Desa Wisata yang berada di Dukupuntang Cirebon ini tidak hanya cocok untuk liburan keluarga. Anda juga bisa datang bersama teman-teman terutama yang sehobi memancing.

12. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati

Tidak hanya wisata alam dan budaya yang menarik di Cirebon, di kota ini Anda juga bisa merasakan wisata religi. Salah satunya dengan mengunjungi Makam Sunan Gunung Jati yang cukup fenomenal. Dulunya ia pernah menikahi salah satu putri kaisar bernama Ong Tien Nio.

Tak heran jika nantinya Anda melihat sebagian warga lokal disana memiliki tipe wajah oriental. Hal ini pula yang menyebabkan gaya bangunan makam cukup kental dengan nuansa China. Di tempat ini terlihat cukup banyak keramik dan porselen yang dipadukan dengan gaya Jawa.

Sementara itu, pada bagian dindingnya terdapat kaligrafi Arab yang terukir indah di berbagai sudut. Setelah beriwsata religi, Anda bisa berkeliling bangunan  dan mengabadikan momen-momen di sana melalui kamera.

13. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin menjadi opsi selanjutnya destinasi wisata Cirebon yang layak dikunjungi. Pada dasarnya, tempat ini merupakan kawasan hutan yang didominasi tumbuhan kayu putih (Eucalyptus).

Agar bisa menikmati waktu lebih lama di lokasi, Anda bisa membuat tenda kemah. Bermalam di tempat ini begitu mengasyikkan dengan suasana yang masih sangat asri. Pengunjung tidak hanya disuguhkan pepohonan yang lebat, melainkan juga sebuah danau.

Tempat ini memiliki danau yang bernama Danau Ciranca yang menjadi habitatikan air tawar. Tidak sedikit pengunjung yang hobi memancing menghabiskan waktu di tempat ini. Bosan dengan aktivitas berkemah yang itu-itu saja? Anda juga bisa menyewa motor cross yang menantang adrenalin.

Tidak perlu khawatir, pengelola objek wisata ini sudah menyediakan jalur khusus untuk motor cross. Hal ini akan membuat pengunjung lebih merasa aman dan nyaman ketika menggunakannya.

14. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Berbicara tentang wisata Cirebon, tampaknya memang tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas napak tilas sejarahnya. Tidak sedikit pengunjung dari luar kota yang datang untuk berwisata religi. Salah satunya dengan mendatangi Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Masjid ini masih menjadi bagian dari Keraton Kasepuhan Cirebon yang didirikan pada tahun 1498 M. Pemerkasanya adalah Syekh Maulana Syarif Hidayatullah atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

Masjid ini sebagai bentuk hadiah untuk sang istri tercinta, yaitu Nyi mas Pakungwati. Tidak hanya itu, masjid ini memiliki unsur sejarah yang cukup melekat pada masa penyebaran Islam di Cirebon. Terutama di era Wali Sanga yang membuat masjid ini cukup banyak mengundang pengunjung.

15. Telaga Remis

Telaga Remis

Cirebon memang merupakan kota yang lengkap dalam menyediakan tempat wisata. Mulai dari wisata religi, modern, dan tentunya pemandangan alam. Salah satu kekayaan alamnya adalah keberadaan Telaga Remis.

Sesuai dengan namanya, danau ini diberinama Remis karena di dalamnya banyak ditemukan jenis kerang tersebut. Lokasi telaga ini termasuk unik sekarena berada tidak jauh dari jajaran pohon pinus hijau. Tak heran jika pemandangan yang ditawarkan begitu menakjubkan, yaitu membentuk pagar.

Berkeliling di telaga ini tidak hanya bisa dengan berjalan kaki, melainkan juga bersepeda. Kondisi udaranya masih sangat alami dan sejuk sehingga mendukung berbagai macam aktivitas. Contohnya dengan berolahraga karena pengelolanya sudah menyediakan jogging track.

Pada dasarnya, telaga ini tidak hanya menjadi habitat remis, melainkan berbagai macam spesies ikan. Misalnya ikan mas dan mujair yang jumlahnya cukup banyak. Jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk membawa peralatan memancing.

16. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman

Destinasi wisata Cirebon berikutnya berada di Kecamatan Lemahwungkuk, yaitu Keraton Kanoman. Pesonanya tidak kalah menakjubkan dibanding keraton lainnya yang berada di Cirebon. Pemerintah setempat sengaja melakukan pemugaran berkala tanpa menghilangkan arsitektur aslinya.

Desain bangunan merupakan perpaduan gaya bangunan Tiongkok dan Jawa yang tampak unik. Tidak hanya itu, terdapat cukup banyak koleksi keraton yang menarik perhatian setiap pengunjung. Misalnya kerajinan keramik, tembikar, pusaka, dan kereta kencana.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah Ritual Panjang Jimat yang dilaksanakan setiap bulan Maulid. Ritual tersebut adalah pencucian benda pusakan kerajaan sekaligus ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.

Anda akan mendapatkan momen tak terlupakan ketika menyaksikan secara langsung perwujudan kearifan lokal tersebut.

17. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong

Bagi yang ingin menyaksikan Kota Cirebon dari ketinggian, cobalah mengunjungi Bukit Gronggong. Pada dasarnya, lokasi tempat ini berada di perbatasan antara kawasan Kuningan dan Cirebon. Salah satu momen menakjubkan bisa dinikmati di malam hari.

Anda akan merasa terpesona dengan sajian pemandangan yang tidak kalah menarik dibanding siang hari.  Dari atas bukit, tampak kawasan hutan yang menghijau dan rerumputan segar. Tidak hanya itu, langit malam pun kerap kali tampak cerah laksana lautan bintang.

18. Batu Lawang

Batu Lawang

Batu Lawang pada dasarnya merupakan objek wisata Cirebon berupa tebing. Tebing tersebut tidak hanya menawarkan pemandangan curam, melainkan pemandangannya yang masih sangat hijau. Tidak hanya itu, tempat ini juga cukup kental dengan suasana mistik.

Bentuk tebingnya berupa patahan, masyarakat setempat meyakini bahwa tempat tersebut merupakan gerbang menuju alam lain. Terlepas dari cerita-cerita yang ada, destinasi wisata ini tetap menarik dikunjungi ketika berada di Cirebon.

Tidak hanya melihat pemandangan dari atas, terdapat kegiatan lainnya yang bisa membuat liburan semakin seru. Misalnya menunggang ATV, outbond, bersepeda, dan sebagainya.

Bagaimana, apakah daftar wisata Cirebon di atas sudah ada yang dimasukkan ke dalam wishlist Anda? Kota udang ini memang menawarkan pemandangan yang mempesona dan wisata religinya yang cukup kental. Anda bisa mengujunginya bersama keluarga, kerabat, maupun kawan.

You May Also Like