2 Cara Mengubah Nomor HP di Whatsapp Tanpa Hilang Data Kontak!

gozarane.com – Mengetahui cara mengubah nomor hp di whatsapp sangat penting karena selalu ada kemungkinan suatu hari kamu akan mengganti nomor sebab satu atau dua alasan. Mungkin saja karena kartu yang selama ini kamu gunakan bermasalah dan tidak bisa diaktifkan lagi.

Cara ubah nomor whatsapp termasuk sangat mudah dan cepat bahkan kurang dari 1 menit. Kamu juga tidak harus kehilangan daftar riwayat chat penting dari kontak kamu yang selama ini masih tersimpan di whatsapp kamu alias belum kamu hapus.

Tapi, memang ada juga cara mengganti nomor hp di whatsapp yang memiliki resiko untuk kehilangan seluruh daftar riwayat chat misalnya ketika kamu harus berganti nomor yang disebabkan oleh hilangnya hape lama kamu.

Cara Mengubah Nomor Hp di Whatsapp Tanpa Kehilangan Riwayat Chat

Cara Mengubah Nomor Hp di Whatsapp Tanpa Kehilangan Riwayat Chat

Aplikasi whatsapp sudah menyertakan fitur yang bisa membuat para penggunanya bisa mengubah nomor telepon pada whatsapp dengan sangat mudah tanpa harus kehilangan riwayat chat dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi whatsapp dan langsung masuk ke bagian Settings / Pengaturan (menu ini ada di sudut kanan atas untuk whatsapp di Android dan di sudut kanan bawah untuk iPhone).
  • Setelah masuk di Settings, pilih Account dan klik tombol Change Number.
  • Pada tampilan berikutnya pilih tombol Next dan di halaman berikutnya lagi kamu akan diminta untuk menginput nomor lama whatsapp kamu bersama dengan nomor baru untuk whatsapp kamu. Pastikan nomornya tidak salah dan lengkap, lalu klik lagi tombol
  • Pada halaman berikutnya kamu akan diberi pertanyaan tentang apakah kamu sudah yakin untuk ganti nomor whatsapp kamu yang lama dengan nomor baru. Kamu bisa klik opsi Yes / Ok.
  • Selanjutnya whatsapp akan melakukan verifikasi dengan cara mengirimkan kode ke nomor baru kamu lewat telepon atau SMS untuk memastikan bahwa yang melakukan pergantian nomor adalah kamu, jadi bukan karena hack atau sejenisnya.
  • Setelah menerima kode berupa 6 digit angka acak, masukkan kode ke tempat yang sudah disediakan oleh whatsapp guna menyelesaikan proses pergantian nomor, lalu klik Ok. Sekarang nomor kamu sudah berganti tapi kamu tidak kehilangan riwayat chat sama sekali.

Jadi, seluruh chat kamu dengan keluarga, teman-teman, dan bahkan grup masih utuh seperti semua hanya saja nomor kamu sudah berubah dan kontak yang kamu pilih sudah melihat perubahan nomor kamu karena nomor baru kamu sudah secara otomatis tampil di ruang obrolan mereka dengan kamu.

Cara Mengubah Nomor Hp di Whatsapp untuk Menghindari Seseorang

Cara Mengubah Nomor Hp di Whatsapp untuk Menghindari Seseorang

Jika memilih cara pertama tadi, maka secara otomatis daftar kontak whatsapp kamu akan tahu nomor baru kamu dan tetap bisa mengirim pesan ke kamu seperti sebelumnya. Nah, jika alasan kamu berganti nomor adalah untuk menghindari seseorang misalnya mantan, maka cara pertama tadi tidak tepat untuk dicoba.

Cara yang lebih tepat adalah jangan menggunakan fitur ubah nomor di menu settings melainkan dengan cara lain yang langkah-langkahnya dibagi menjadi tiga sebagai berikut:

1. Back Up Chat Terlebih Dulu

Jika ada banyak riwayat chat penting atau yang memang ingin kamu simpan, maka kamu harus melakukan back up chat terlebih dulu sebelum benar-benar mengganti nomor dengan empat langkah sederhana berikut:

  • Buka whatsapp dan masuk ke bagian
  • Pilih menu Chat dan klik opsi Chat Back Up.
  • Pilih apa saja yang ingin kamu back up, apakah teks saja atau bersama dengan video dan foto. Jika ingin menyimpan juga video, maka geser tombol atau beri tanda centang di sebelah kanan tulisan Include Video.
  • Jika sudah, klik tulisan Back Up Now warna biru dan tunggu sampai proses back up selesai. Jika sudah selesai akan ada pemberitahuan di layar hp kamu.

2. Ubah Nomor

Tunggu sampai proses back up benar-benar sudah selesai 100%, baru kemudian ubah nomor whatsapp kamu dengan cara berikut:

  • Jika kamu menggunakan smartphone Android, maka kamu bisa membuka menu Settings di hp dan cari aplikasi whatsapp lalu pilih Hapus Data agar kamu bisa log out dari whatsapp. Tapi jika kamu menggunakan iPhone, kamu harus hapus terlebih dulu aplikasi whatsapp lalu download lagi.
  • Jika sudah log out, sekarang buka aplikasi whatsapp dan daftarlah whatsapp baru dengan nomor baru yang sudah kamu siapkan dimulai dari klik tombol Setuju dan Lanjutkan di halaman awal aplikasi whatsapp seperti saat dulu kamu pertama mendaftar whatsapp.
  • Selanjutnya masukkan nomor baru yang sudah kamu siapkan dan tunggu kode verifikasi dikirim ke nomor kamu via teks atau panggilan telepon.
  • Input kode 6 digit angka acak yang kamu terima ke kolom yang sudah disediakan dan klik tombol OK, dan sekarang kamu sudah memiliki akun whatsapp dengan nomor yang baru.

3. Pulihkan Riwayat Chat

Jika kamu mendaftar whatsapp baru di perangkat smartphone yang masih sama alias bukan hp baru, maka saat pertama kali mendaftar tadi secara otomatis aplikasi whatsapp akan menawarkan opsi untuk kamu mengembalikan riwayat chat.

Kamu hanya perlu klik opsi Kembalikan Back Up Chat dan tunggu prosesnya selesai. Kamu kini sudah punya nomor whatsapp baru yang tidak diketahui oleh orang yang ingin kamu hindari tapi tetap dengan riwayat chat yang sama.

Tergantung pada kebutuhan, kamu bisa gunakan cara mengubah nomor hp di whatsapp yang pertama atau kedua. Kedua cara di atas tidak sulit dan prosesnya juga cepat. Bahkan keduanya tidak akan membuat kamu kehilangan riwayat chat di hape yang sama.

You May Also Like