20 Aplikasi Edit Video di HP No Watermark, Ramah Pemula

Perkembangan teknologi digital saat ini, membuat aktivitas pengeditan video semakin mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan smartphone dan aplikasi edit video yang mendukung. Namun, tidak semuanya memiliki interface dan fitur yang mudah dipahami oleh pemula.

Padahal, tidak semua yang ingin mengedit video adalah pihak profesional. Banyak juga yang baru belajar editing video secara mobile untuk diupload di media sosial seperti TikTok dan Instagram. Oleh karena itu, ulasan kali ini akan membahas rekomendasi aplikasi edit video gratis di HP.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video di HP

Siapa bilang menciptakan video keren dan unik harus dilakukan di PC/laptop mahal? Pada dasarnya, hal ini tergantung dari kreativitas diri sendiri dan tentunya aplikasi yang mendukung. Beberapa aplikasi yang akan disebutkan di bawah ini dikenal memiliki tools fungsional dan mudah digunakan.

1. FilmoraGo

FilmoraGo

Bagi pengguna Windows mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi edit video ini. Tampilannya dikenal sederhana sehingga bisa dipahami oleh pemula yang belum pernah mengedit sebelumnya. Pada dasarnya, pengembang aplikasi ini menyediakannya secara gratis.

Namun pada beberapa item memang terkunci sehingga harus melakukan pembelian. Tidak perlu khawatir, fitur-fitur gratisan di dalamnya juga terbilang bagus sehingga cocok untuk pengeditan standar. Salah satunya jika ingin mengubah kumpulan foto menjadi video.

Menariknya, aplikasi ini tidak meninggalkan watermark di setiap hasil editannya. Jadi, FilmoraGo memang cocok bagi yang ingin membuat konten untuk TikTok, Instagram, maupun Youtube. Ada banyak eksperimen yang bisa dicoba agar hasil video tidak monoton.

Jika ingin mengupload hasil editing ke Instagram, maka sebaiknya menggunakan format 1:1. Sedangkan untuk konten Youtube, Anda bisa memilih resolusi layar 16:9. Fitur-fitur lainnya yang mendukung adalah slow motion, overlay, transisi, dan musik.

2. KineMaster

KineMaster

KineMaster termasuk aplikasi populer yang bisa didownload secara gratis melalui PlayStore. Aplikasi ini bahkan beberapa kali dimodifikasi agar fitur-fitur premium di dalamnya terbuka. Namun, tentunya akan lebih aman jika Anda menggunakan versi resmi.

Aplikasi ini berukuran cukup ringan, yaitu tidak sampai 100 MB sehingga tidak terlalu membebani kinerja smartphone. KineMaster menyediakan dua pilihan, yang gratis dan premium (berbayar). Jika berlangganan paket premium, watermark atau tanda air di dalamnya bisa dihilangkan.

Paket premium tentunya sangat direkomendasikan untuk para konten kreator agar video tampak lebih profesional. Sedangkan pada versi standar, video tetap tercantum watermark. Tepatnya di bagian bawah yang memang agak menganggu jika konten ditujukan untuk profesional.

Namun jika Anda hendak mengedit video untuk kebutuhan pribadi, tampaknya watermark tidak menjadi masalah. Selain itu, aplikasi ini juga sudah mendukung fitur-fitur menarik seperti multiple layer, teks, dan gambar.

3. VivaVideo

VivaVideo

Aplikasi edit video di HP berikutnya yang direkomendasikan adalah VivaVideo. Interface aplikasi ini mudah dipahami sehingga pengguna tidak perlu menjadi profesional sebelumnya. Fitur basic di aplikasi ini termasuk lengkap, yaitu cut, trim, crop, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang dikembangkan QuVideo Inc ini memungkinkan penambahan efek menakjubkan. Anda bisa memasukkan video yang ada terlebih dahulu lalu manfaatkan efek yang sudah ada. Pemula juga disarankan menggunakan video tutorial di dalamnya agar lebih mudah dalam proses pengeditan.

Tidak perlu meragukan aplikasi ini karena memiliki rating yang bagus di Playstore. Anda juga bisa membuat tampilan video dengan efek blur ala kamera DSLR. Pilihan format video juga beragam, yaitu HD 720p, 1080p, dan 4k.

4. YouCut

YouCut

Ingin mengurangi ukuran video yang dirasa terlalu besar? YouCut bisa melakukannya tanpa membuat kualitas video terlalu buram. Pada dasarnya, sebagian orang memang merasa terbebani dengan ukuran video yang mencapai ratusan MB di galeri.

Jika jumlahnya terlalu banyak, media penyimpanan bisa penuh sehingga tidak bisa lagi merekam video. Dengan aplikasi edit video di HP untuk pemula di HP ini, hasil editing bisa disimpan dalam berbagai macam format.

Aplikasi ini juga dikenal bebas dari watermark sehingga bisa menjadi pilihan tepat bagi konten kreator. Mengenai tools basic, aplikasi ini terbilang lengkap sehingga tidak perlu mendownload aplikasi tambahan lainnya.

Anda bisa dengan mudah melakukan split, merger, trim, cut, dan compress video. Agar kecepatan hasil editing lebih memuaskan, kecepatan bisa dikontrol mulai dari 0,5x sampai 2.0x. Jika ingin membuat kumpulan foto menjadi video, fitur yang bisa digunakan adalah Slideshow maker.

5. Likee

Likee

Likee memiliki fitur spesial dalam hal stiker, efek, dan emotikon yang beragam. Aplikasi ini juga dikenal simple sehingga tidak membutuhkan skill khusus dalam menggunakannya. Terlebih jika Anda hanya ingin memanfaatkan fitur basic pengeditan video di dalamnya.

Stiker di aplikasi ini sangat beragam, mulai dari yang lucu, keren, hingga feminim. Hal menarik lainnya adalah tersedia fitur untuk lipsync lagu sehingga bisa audionya bisa dimasukkan dalam proses pengeditan.

Aplikasi ini bisa mengubah video yang biasa saja menjadi menakjubkan. Hasilnya tidak jauh berbeda dibanding yang dikerjakan profesional. Pengguna bisa bereksperimen menggunakan fitur Hair Color, 4D Magis, Superpowers, Template, dan lain sebagainya.

Jika ingin membuat video lucu, cobalah menggunakan video dubbing. Anda bisa mengkombinasikannya dengan musik favorit agar video lebih hidup dan menarik.

6. Quik Video Editor

Quik-Video-Editor

Butuh aplikasi edit video di HP yang memproses dengan cepat? Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Quik Video Editor. Untuk menggunakannya, Anda cukup tap-tap saja dengan memasukkan video dai galeri atau media sosial.

Anda juga bisa menambahkan teks dan filter sehingga video memiliki alur cerita tersendiri. Aplikasi ini juga bisa menggabungkan beberapa video sekaligus dan memasukkan musik favorit ke dalamnya. Hasil editing video bisa langsung disave atau dibagikan ke media sosial misalnya FB dan Instagram.

7. PowerDirector Video Editor

PowerDirector-Video-Editor

Pada dasarnya, aplikasi ini memang dikembangkan untuk membuat video secara profesional. Namun, bukan berarti pemula tidak bisa menggunakannya untuk kebutuhan standar. Menariknya, ada banyak efek gratis yang bisa digunakan sehingga tidak selalu harus berlangganan.

Efek yang bisa dihasilkan tidak jauh berbeda ala bioskop, tentunya hal ini menjadi kelebihan tersendiri. Mengingat aplikasi edit video di HP biasanya menyediakan efek yang itu-itu saja. Kecerahan video juga bisa diatur sedemikian rupa agar tetap jelas dan jernih.

Jika ingin menggabungkan video, sebaiknya siapkan beberapa video terlebih dahulu agar lebih mudah dalam menyatukannya. Aplikasi ini dikenal fleksibel karena bisa diinstall di berbagai macam versi Android, yaitu mulai dari Android 4.3 Jelly Bean.

8. VideoShow

VideoShow

Banyak yang menjadi mahir mengedit video dengan mempelajarinya di HP terlebih dahulu. Salah satu aplikasi yang mendukung hal ini adalah VideoShow. Contoh fitur yang banyak dimanfaatkan di aplikasi ini adalah cutting dan trimmer.

Terdapat lebih dari 50 tema lucu dan menarik yang bisa langsung diterapkan pada video. Agar tidak terkesan sepi, Anda juga bisa menambahkan audio ke dalam video. Jika bingung mengganti background video, aplikasi ini menyediakan ratusan opsi yang tersedia gratis.

Video juga jadi lebih informatif jika ditambahkan caption atau teks. Jenis font yang disediakan juga beragam sehingga bisa disesuaikan keinginan. Pilihan stiker di aplikasi ini juga senantiasa diupdate dan bisa didownload secara gratis.

Beberapa fitur basic yang bisa digunakan misalnya edit, merge, split, trim, reverse, rotate, duplicate, collage video, dan blur. Jika video kurang jelas, Anda juga bisa melakukan zoom dengan tepat dan tidak berlebihan.

9. VidTrim

VidTrim

Sebagian orang lebih menyukai aplikasi edit video di HP yang simple dan interfacenya mudah dipahami. Salah satunya adalah VidTrim yang menyediakan tools untuk editing video secara basic. Misalnya untuk trimming, merging, efek video, pengambilan frame, dan penambahan audio.

Aplikasi editing video ini juga memungkinkan pengguna membagikan secara langsung hasilnya ke media sosial. Jika ingin menggabungkan beberapa video, aplikasi ini juga menyediakan fiturnya dan prosesnya cukup cepat.

Jika ingin convert format video ke format lainnya juga bisa dilakukan dengan mudah. Jika ingin bereksprimen lebih jauh, Anda bisa memanfaatkan fitur rename video, rotate video, dan penambahan transisi.

10. Funimate

Funimate

Bagi yang ingin menambahkan musik berkualitas ke dalam video, aplikasi Funimate sangat direkomendasikan. Aplikasi ini berukuran cukup ringan sehingga tidak akan banyak membebani memori HP Anda.

Meski pilihan filter hanya ada 15, namun setiap filter tersebut sanggup membuat tampilan video menonjol. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan tepat bagi yang ingin membuat konten untuk Youtube atau Instagram.

11. Alight Motion Pro

Alight-Motion-Pro

Pada dasarnya, aplikasi edit video di HP ini banyak digunakan oleh profesional dalam membuat konten. Hanya saja, untuk menghilangkan watermark di dalamnya maka harus membeli paket berbayar.

Tidak perlu khawatir, tanpa berlangganan paket premium pun Anda tetap bisa mengedit video menjadi menarik. Beberapa fitur di dalamnya bisa membuat video lebih estetik sebelum diposting di media sosial.

12. VlogNow

VlogNow

Aplikasi editing video yang satu ini termasuk powerful karena menyediakan fitur yang termasuk jarang. Salah satu fitur unik tersebut adalah color grading dimana penggunaannya sangat cocok untuk ngevlog.

Interface aplikasi ini juga tampak profesional, namun tetap bisa dipelajari secara seksama oleh pemula. Meskipun terhitung baru, VlogNow sudah cukup banyak diandalkan untuk berbagai macam kebutuhan pengeditan video.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah tidak perlu berlangganan. Selain itu, hasil video juga tidak ada watermark seperti kebanyakan aplikasi edit video di HP Android. Jadi, tanpa adanya tanda air akan membuat video lebih terlihat profesional.

13. InShot

InShot

Rekomendasi aplikasi edit video di HP Android berikutnya yaitu InShot. Aplikasi ini sudah banyak dikenal  karena menawarkan fitur editing sederhana namun tetap fungsional. InShot cocok untuk pemula maupun profesional yang ingin mengedit video menarik dan unik.

Beberapa fitur basic yang bisa digunakan secara gratis adalah memangkas, memotong, menambahkan teks, menambahkan musik, dan sebagainya. Pilihan emoji dan stiker pun lebih beragam dan bisa dimanfaatkan untuk membuat video lucu.

Aplikasi ini cocok bagi yang ingin membuat reels di Instagram. Hal menarik lainnya adalah pilihan filter yang beragam sehingga bisa membuat video lebih aesthetic. Anda juga bisa memberikan efek buram pada video dengan hasil menakjubkan layaknya dari kamera DSLR.

14. CapCut

CapCut

CapCut menjadi salah satu aplikasi yang sudah tidak asing bagi pengguna TikTok yang rajin upload konten. Aplikasi ini termasuk mudah digunakan pemula dengan berbagai macam fitur menarik yang bisa digunakan.

Menariknya, aplikasi ini memungkinkan penghapusan watermark tanpa harus berlangganan premium. Tentunya, fitur seperti ini terbilang jarang jika dibandingkan aplikasi lain untuk mengedit video.

Biasanya pengguna harus upgrade ke paket berbayar terlebih dahulu agar bisa menghapus watermark. Anda bisa menghasilkan video yang spektakuler dengan fitur mirroring video. CapCut sangat direkomendasikan jika ingin aktif mengupload konten di TikTok atau IG.

Aplikasi ini menyediakan banyak pilihan template, filter, dan musik pilihan. Fitur-fitur tersebut bisa langsung terhubung ke akun TikTok yang dimiliki.

15. Adobe Premiere Rush

Adobe-Premiere-Rush

Adobe memang menjadi vendor populer dalam pengembangan aplikasi edit video, baik untuk PC maupun smartphone. Aplikasi ini awalnya hadir untuk versi desktop sebelum akhirnya dirilis versi mobilenya.

Fitur-fitur di dalamnya memungkinkan pembuatan video pendek untuk diupload ke media sosial, seperti Youtube dan Instagram. Tentunya, untuk membuat video unik dan menarik tidak hanya membutuhkan fitur basic.

Aplikasi Adobe ini juga menyediakan fitur lainnya yang kaya dan berbeda dibanding aplikasi lain. User interface aplikasi ini juga terbilang simple dan mudah dipahami pemula yang baru belajar mengedit video.

16. VLLO

VLLO

Aplikasi edit video di HP yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin belajar menjadi konten kreator. Penghapusan watermark bisa dilakukan tanpa harus membayar biaya berlangganan. Aplikasi ini juga cocok digunakan bagi pemula karena tampilannya yang terbilang mudah dipahami.

Beberapa fitur standar atau basic yang bisa digunakan adalah crop, trim, dan split standar. Pilihan filter video pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan suasana yang ada di video. Anda juga menambahkan unsur-unsur lainnya misal stiker dan emoticon lucu dan menarik.

Video pendek yang diedit bisa disimpan dalam bentuk GIF. Selain itu, pilihan resolusi video juga beragam dan tentunya mendukung untuk kualitas HD.

17. BeeCut

BeeCut

Ingin mengedit video bebas watermark? Salah satu yang bisa digunakan adalah BeeCut. Aplikasi ini tersedia gratis dan menyediakan beberapa fitur basic untuk mengedit video.

Meski tidak menyediakan fitur yang “advance”, namun video Anda tetap bisa terlihat profesional. Terutama jika hendak diupload ke beberapa sosial media atau sekedar disimpan untuk keperluan pribadi.

18. PicsArt

PicsArt

Anda mungkin lebih mengenal aplikasi ini berfungsi untuk mengedit foto atau gambar. Padahal, kegunaannya juga bisa untuk mengedit video. Aplikasi dengan rating memuaskan di PlayStore ini menawarkan fitur-fitur yang menarik dan fungsional.

Selain itu, tersedia perpustakaan yang berisi ratusan lagu favorit dan trending. Beberapa fitur PicsArt yang bisa digunakan untuk bereksperimen dalam mengedit video adalah trim, merge, glitch, dan sebagainya.

19. Lightroom Editor Foto & Video

Lightroom-Editor-Foto-Video

Aplikasi yang satu ini sudah tidak asing di kalangan influencer atau konten kreator. Tidak hanya bisa diandalkan untuk mengedit foto, melainkan video secara profesional. Tersedia fitur preset yang bisa membuat video menarik dalam hitungan detik.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur penyempurnaan warna dan pengaturan pencahayaan yang lebih sempurna. Lightroom tersedia secara gratis, namun beberapa fitur memang dibatasi. Jika ingin membuka seluruh fitur di dalamnya, Anda bisa berlangganan paket premium.

20. ActionDirector

ActionDirector

Aplikasi edit video tanpa watermark di HP Android yang satu ini bisa menghasilkan video menarik dan unik. Tersedia efek dan filter yang bisa diterapkan secara gratis untuk setiap video di dalamnya. Anda juga bisa membuat video lebih informatif dengan menambahkan teks atau caption.

Menghasilkan video unik dan menakjubkan di era digital seperti saat ini tidak selalu harus mengandalkan PC. Dengan beberapa rekomendasi aplikasi edit video di HP yang disebutkan di atas, video yang tampak profesional bisa dibuat dengan mudah.

Lihat Juga :

You May Also Like