7 Cara Bikin Foto yang Bagus untuk Profil WA dengan Mudah

gozarane.com – Cara bikin foto yang bagus untuk profil WA bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa melakukan proses penyuntingan manual dengan memanfaatkan ponsel. Selain itu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi lain baik itu pada ponsel atau komputer.

Intinya sebelum melakukan cara ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Salah satunya adalah kamu harus menyiapkan foto yang nantinya akan digunakan sebagai bahan. Usahakan foto ini memang memiliki kualitas yang tinggi agar hasilnya maksimal.

Untuk mengetahui apa saja cara bikin foto yang bagus untuk profil WA selengkapnya. Kamu bisa menyimak beberapa cara yang akan dibahas di bawah ini. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan seluruh fitur yang ada di dalamnya secara maksimal.

Cara Bikin Foto yang Bagus untuk Profil WA

1. Pahami Resolusi yang Dibutuhkan

Pahami Resolusi yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuat profil foto WA lucu yang nantinya akan digunakan untuk WhatsApp atau medsos selain. Disarankan untuk selalu memahami resolusi yang dibutuhkan. Usahakan untuk memilih resolusi yang tinggi.

Sebenarnya foto yang digunakan untuk WhatsApp tidak perlu menggunakan resolusi yang tinggi. Paling tidak kamu harus mengetahui kira-kira berapa pixel yang dibutuhkan agar masih tampak menarik. Jadi, foto yang nantinya ditampilkan tidak akan mengalami blur atau sejenisnya.

Ukuran foto paling rendah ataupun resolusinya adalah 192px x 192px. Sementara itu untuk resolusi yang cukup direkomendasikan adalah 500px x 500px. Nantinya foto juga akan dibuat menjadi bulat. Jadi, pastikan di bagian dalamnya memuat konten yang paling penting.

2. Gunakan Kamera yang Bagus

Gunakan Kamera yang Bagus

Sebenarnya kamu bisa menggunakan foto apapun yang akan dimanfaatkan sebagai bahan foto profil. Tetapi akan kurang estetik apabila menggunakan foto yang lama. Jadi pastikan untuk menggunakan foto yang baru dan baru saja diambil agar tampilannya lebih menarik.

Kamu bisa menggunakan kamera yang paling bagus untuk melakukan proses pengambilan gambar. Kamu bisa menggunakan kamera yang ada pada ponsel ataupun bisa juga menggunakan kamera DLSR atau mirrorless yang dimiliki.

Pengambilan gambar ini dilakukan untuk mendapatkan bahan dengan kualitas HD. Jadi, saat dilakukan proses penyuntingan tidak akan ada masalah sama sekali. Karena gambar akan memiliki kualitas yang sangat bagus dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Pilih Gambar HD

Pilih Gambar HD

Apabila kamu tidak memiliki kamera atau sedang malas untuk membuat foto baru bisa menggunakan gambar HD yang lain. Terkadang beberapa orang malas menggunakan foto profil menggunakan wajahnya sendiri tetapi menggunakan gambar atau foto yang lain.

Apabila kamu termasuk orang yang seperti itu bisa mencari gambar HD gratis dengan memanfaatkan beberapa situs. Salah satunya adalah situs Pexel. Situs ini menyediakan banyak sekali gambar dengan kualitas HD yang bisa digunakan secara gratis.

Kamu cukup memasukkan kata kunci tertentu di sana lalu melakukan proses pencarian seperti biasa. Setelah itu bisa langsung menggunakan gambar yang ada di sana untuk diedit dan digunakan sebagai foto profil yang baru.

4. Punya Konsep Foto

Punya Konsep Foto

Apabila memutuskan untuk melakukan proses pengambilan foto agar hasilnya menarik. Disarankan untuk memiliki konsep foto tersendiri. Konsep foto ini cukup bervariasi mulai dari foto standar hingga foto yang estetik.

Misal kamu ingin membuat foto dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah. Selain itu bisa juga membuat foto dengan latar belakang berupa gedung tinggi. Semua bisa dilakukan sesuai dengan keinginan kamu.

Intinya foto ini harus terkonsep dengan baik karena nantinya foto bisa digunakan untuk profil WA atau media sosial yang lain. Jadi dalam satu pengambilan foto kamu bisa menemukan banyak sekali stok foto yang bisa dipakai secara bergantian.

5. Gunakan Aplikasi Editing Foto

Gunakan Aplikasi Editing Foto

Cara bikin foto yang bagus untuk profil WA Selanjutnya adalah pakai aplikasi editing foto.  Saat ini app editing banyak ditemukan di ponsel Android. Untuk melakukan itu ikuti langkah berikut.

  • Masuk ke dalam Playstore lalu ketik VSCO.
  • Setelah itu lakukan proses download dan pemasangan hingga selesai.
  • Buka aplikasi lalu pilih foto yang akan diedit.
  • Lakukan proses penyuntingan secara manual dengan menerapkan seluruh panel yang ada di sana.
  • Apabila sudah selesai bisa langsung dilakukan proses penyimpanan.

Catatan: kamu juga bisa menggunakan aplikasi editing lain yang paling disukai seperti Canva atau Adobe Lightroom. Jika ingin editing dari komputer juga bisa memakai Photoshop.

6. Lakukan Preview Berkali-kali

Lakukan Preview Berkali-kali

Lakukan proses preview berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Untuk melakukan itu kamu hanya perlu melakukan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan langsung mengganti profil WhatsApp dengan foto yang sudah dibuat sebelumnya.

Biasanya hasilnya bisa terlihat apakah sempurna atau justru ada yang salah. Karena foto yang dibuat biasanya dalam bentuk kotak dan profil yang nantinya dikeluarkan adalah dalam bentuk lingkaran. Jadi kemungkinan besar akan ada hal yang harus disesuaikan.

Setelah melakukan proses preview berkali-kali dan mendapatkan yang sesuai bisa langsung disimpan.

7. Editing Akhir

Menggu Aplikasi Editing Foto

Terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan melakukan proses editing terakhir yang digunakan sebelum mengunggah foto profil. Editing terakhir ini dilakukan untuk menyesuaikan warna hingga membuat foto jadi tampak lebih menarik.

Apabila dibutuhkan bisa ditambahkan semacam stiker ataupun teks pada foto. Jadi, manfaatkan waktu untuk melakukan editing terakhir dan apabila sudah sesuai bisa langsung diunggah pada aplikasi WhatsApp yang digunakan.

Cara bikin foto yang bagus untuk profil WA sudah dibahas seperti yang tertulis di atas. Intinya kamu harus menyiapkan terlebih dahulu foto yang berkualitas selalu mengasah kemampuan untuk melakukan editing. Kombinasi dua hal itu akan membuat foto menjadi tampak sempurna.

You May Also Like