9 Aplikasi Cleaner PC Terbaik Gratis (RAM Cleaner) Terbaru 2022

gozarane.com – Laptop yang sudah lama dipakai memang akan semakin lemot saat dipakai. Banyaknya sampah-sampah yang memenuhi ruang memori pada laptop / PC menjadikan perangkat semakin lemot. Kalau sudah begini, tak ada alasan lagi untuk tidak menginstall cleaner PC terbaik.

File-file sampah tersebut memang sulit dibersihkan tanpa aplikasi karena letak file yang jarang diketahui. Beberapa file sampah di antaranya yaitu temporary file, file cache, registry entry, thumbnail, dan file-file yang jarang atau tidak terpakai lainnya.

Nah, dibawah merupakan beberapa aplikasi pembersih pc terbaik 2022 yang gratis untuk digunakan, dimana dengan menggunakan software Cleaner PC Terbaik yang gratis, maka perangkat PC atau Komputer bisa berjalan dengan stabil.

Daftar 9 Aplikasi Cleaner PC Terbaik yang Wajib Kamu Punya

1. Disk Cleanup

Disk Cleanup

Disk Cleaner adalah aplikasi bawaan Windows yang keberadaannya sering diabaikan penggunanya, mungkin salah satunya kamu. Karena bawaan, tentunya kamu tak usah menginstallnya kembali dari sumber lain.

Meskipun bawaan, fitur cleaner di dalamnya sangat bagus untuk kamu gunakan sebagai pembersih file sampah di laptop / PC yang memenuhi ruang. Beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi ini di antaranya tanpa iklan dan gratis, tak perlu install aplikasi tambahan, serta bisa membersihkan file Windows lama.

Karena aplikasi ini sudah ada sejak lama dan menjadi aplikasi bawaan yang gratis, maka tak heran jika tampilannya pun terlihat jadul. Fitur-fiturnya juga tidak terlalu lengkap seperti aplikasi cleaner bukan bawaan.

2. Storage Sense

Storage Sense

Sejenis dengan Disk Cleanup, Storage Sense ini juga sudah tersedia secara gratis pada OS Windows 10. Kabar baiknya, aplikasi ini mampu membersihkan file-file sampah di laptop / PC secara otomatis saat hard disk sudah mulai penuh jika diaktifkan.

Fitur pembersihan otomatis ini akan membersihkan sampah sesuai dengan pengaturan yang kamu lakukan. Pengaturan tersebut berupa frekuensi dan berapa besar sisa penyimpanan hard disk.

Pada saat sisa penyimpanan sudah menyentuh angka tersebut, maka Storage Sense akan membersihkan PC secara otomatis. Meskipun otomatis kamu tetap bisa melakukan scanning hard disk seperti temporary file atau cache jika PC terlalu lemot.

3. Revo Uninstaller

Revo Uninstaller

File sampah bisa disebabkan oleh program Windows yang telah kamu uninstall. File tersebut tidak terhapus secara keseluruhan dan tersisa di hard disk komputer. Jika dibiarkan menumpuk, hal ini bisa mengakibatkan kinerja komputermu semakin berat yang akhirnya berujung lemot.

Menghapus file sampah dari aplikasi yang sudah dicopot pemasangannya kini jadi semakin mudah dengan adanya aplikasi bernama Revo Uninstaller. Tak perlu khawatir dengan aplikasi ini, karena tampilan UI-nya sangat user friendly sehingga mudah digunakan.

Kamu juga bisa memanfaatkan tools lain yang ada di aplikasi ini, seperti autoturn manager serta history cleaner. Sayangnya, kamu harus mengeluarkan biaya untuk bisa memasang Revo Uninstaller di PC karena aplikasi ini tidak gratis.

4. Total PC Cleaner

Total PC Cleaner

Kinerja Windows 10 akan tetap ringan dengan bantuan Total PC Cleaner sebagai cleaner PC terbaik untuk laptop / PC Windows. Untuk menginstall aplikasi ini, kamu cukup mengunduhnya terlebih dahulu di Microsoft Store.

Tampilan aplikasi ini sangat sederhana dengan jendela utama yang hanya terdiri dari satu halaman. Jendela tersebut langsung mengarahkan kamu untuk melakukan scanning. Memori dalam komputer kamu bisa dengan maksimal digunakan tanpa takut dipenuhi file sampah.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah gratis, ukurannya kecil, tanpa iklan, bebas malware dan adware, serta tampilannya simpel dan mudah dioperasikan. Namun, fitur aplikasi ini kurang lengkap, tidak bisa melakukan scan pada berkas tertentu, melainkan hanya bisa membersihkan drive C saja.

5. CCleaner

CCleaner

Aplikasi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu, bukan? CCleaner dinilai menjadi aplikasi terbaik untuk membersihkan PC karena fiturnya yang lengkap. Beberapa file sampah bisa kamu bersihkan dengan mudah, mulai dari cache, thumbnail, hingga browser tracker.

CCleaner tersedia dalam versi gratis, namun untuk fitur yang lebih lengkap kamu bisa membeli versi pro. Windows-mu dijamin optimal dengan CCleaner yang mampu membersihkan file-file hasil uninstall yang sudah tidak terpakai.

File duplikat yang bisa memenuhi hard disk juga bisa dideteksi dengan fitur Duplicate Finder di CCleaner agar komputer lebih bersih. Sisa-sisa aktivitas Windows Explorer juga bisa di-scan untuk membersihkan file sampah.

6. Ashampoo Win Optimizer

Ashampoo Win Optimizer

Aplikasi cleaner PC terbaik selanjutnya bernama Ashampoo Win Optimizer. Aplikasi yang satu ini tidak hanya mampu membersihkan file-file sampah pada PC kamu, melainkan mampu menjaga kinerja komputer agar tetap optimal.

Fitur pada Ashampoo Win Optimizer yang kerap menjadi favorit para penggunanya adalah fitur 1-Click Optimization.

Fitur ini dapat kamu gunakan untuk melakukan scanning seperti sisa-sisa browser, registry entry, file cache, dan file sampah lain sampai tuntas serta memberi ruang baru pada space hardisk dalam satu fungsi sekaligus.

Komputer pun jadi lebih aman berkat adanya fitur keamanan yang bisa melakukan scan dan mendeteksi apabila ada file yang mengandung virus, spyware, atau malware. Aplikasi pintar ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan berbayar untuk fitur yang lebih lengkap.

7. AVG PC Tune Up

AVG PC Tune Up

Kinerja komputer yang semakin memburuk akibat file menumpuk, baterai mudah terkuras, dan keamanan yang sudah terancam memang mengkhawatirkan. Namun kamu tak perlu khawatir karena AVG PC Tune Up bisa membantumu mengatasi 3 masalah itu dalam satu aplikasi.

Aplikasi ini banyak dipilih lantaran mampu melindungi komputer dari bahaya luar ataupun dalam. Beberapa di antaranya adalah membersihkan drive, melindungi komputer dengan menutup celah keamanan, mengoptimalkan perfoma Windows, hingga melakukan penghematan daya baterai laptop.

Performa Windows akan lebih optimal dengan adanya fitur Sleep Mode yang mampu menonaktifkan sementara aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. Kamu juga bisa mengatur jadwal bersih-bersih komputer dengan fitur Scheduled & Automatic Routine.

8. Advanced System Optimizer

Advanced System Optimizer

Bagaikan dokter, aplikasi Advanced System Optimzer mampu menjaga kesehatan komputer kamu. Fitur-fiturnya cukup lengkap, seperti system booster dan antimalware, pembersihan file sampah, dan masih banyak yang lainnya.

Meskipun fitur-fitur dan tools-nya cukup banyak, aplikasi ini sangat mudah digunakan karena letak navigasi dan tampilannya tertata rapi. Sekali melihat aplikasi ini, kamu akan langsung tahu fungsi dari masing-masing tools.

9. Razer Cortex

Razer Cortex

Untuk kamu yang sering digunakan untuk bermain game, Razer Cortex bisa kamu install untuk menjaga performa Windows agar tetap lancar ketika bermain game. Aplikasi ini bisa melakukan booster untuk membersihkan memori dari sampah-sampah yang muncul saat bermain game.

Kamu bisa memanfaatkan fitur 1-Click untuk memudahkan perawatan komputer dengan hanya satu fitur. Karena khusus dibangun untuk menjaga komputer gaming, fitur Razer Cortex berkaitan dengan game sangat banyak, di antaranya adalah preferensi daftar game yang pernah dimainkan.

Tidak sulit untuk menggunakan aplikasi ini, terutama saat bermain game kamu bisa menjalankan optimalisasi komputer dengan aplikasi ini melalui dashboard.

Berkat adanya cleaner PC terbaik seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa lebih lega saat mengatasi masalah performa komputer yang menurun.

You May Also Like