9 Cara Agar Blog Dapat Visitor Banyak, Pemula Wajib Tahu!

gozarane.com – Apakah Anda memiliki blog namun pembacanya masih stagnan di angka-angka itu saja? Atau bahkan tidak bertambah sama sekali? Bagaimana cara agar blog dapat visitor dengan mudah? Tentu saja untuk mendapatkan pengunjung blog, perlu kiat khusus dan harus konsisten untuk melakukannya.

Percuma jika Anda sudah mengisis serangkaian artikel berkualitas tinggi namun tidak ada visitor sama sekali. Blogging bisa menjadi sangat menyenangkan karena memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri, namun pastikan juga Anda bisa dapatkan visitor. Bagaimana caranya?

Alasan Blog Jarang Dikunjungi Visitor

Mengembangkan blog membutuhkan banyak kiat. Anda tidak bisa hanya mengatur blog, menerbitkan beberapa artikel, dan mengharapkan orang menemukan postingan blog Anda.

Buatlah blog Anda dapat ditemukan dan menarik pengunjung untuk membangun audiens. Jika tidak, semua upaya yang Anda lakukan untuk mengembangkan blog akan sia-sia. Berikut alasan mengapa blog jarang dikunjungi visitor :

1. Anda Tidak Mempromosikan Konten

Anda Tidak Mempromosikan Konten

Cara agar blog dapat visitor dan dapat ditemukan, maka Anda harus mempromosikannya. Jadi, pastikan bahwa Anda secara konsisten mempromosikan posting blog melalui saluran media sosial.

Jika Anda memiliki anggaran pemasaran, cobalah untuk membeli iklan Facebook dan meningkatkan posting untuk jangkauan maksimum.

Cara lain untuk membangun audiens setia untuk blog Anda adalah dengan mengembangkan daftar email. Pemasaran email bukan hanya strategi hebat untuk menghasilkan lalu lintas, tetapi juga cara yang bagus untuk mengembangkan hubungan bisnis dan menjual produk Anda.

Laporan menunjukkan bahwa email 40 kali lebih efektif untuk mendapatkan pelanggan baru daripada gabungan Facebook dan Twitter.

2. Situs Web Tidak Dioptimalkan untuk Search Engine

Situs Web Tidak Dioptimalkan untuk Search Engine

Media sosial dan email adalah dua cara hebat untuk menghasilkan traffic cepat. Traffic pencarian organik kemungkinan akan menjadi sumber nomor satu yang akan menghasilkan aliran traffic berkelanjutan ke blog Anda secara gratis.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mengoptimalkan setiap posting blog yang Anda buat untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari seperti Google dan Bing. Jika tidak, Google bahkan tidak akan melihat blog Anda.

SEO (Search Engine Optimization) adalah subjek yang rumit. Tetapi Anda tidak harus menjadi ahli untuk mengoptimalkan blog Anda untuk SEO.

Mulailah dengan memasang plugin SEO, seperti Yoast SEO, di blog WordPress Anda. Kemudian optimalkan posting blog Anda dengan kata kunci untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Gunakan Perencana Kata Kunci Google untuk meneliti kata kunci.

3. Situs Web Anda Terlalu Lambat

Situs Web Anda Terlalu Lambat

Tahukah Anda bahwa 40 persen pengunjung situs web cenderung meninggalkan situs web jika memuat lebih dari tiga detik? Seberapa cepat situs web Anda dimuat? Gunakan alat Speed test Pingdom untuk mengetahuinya.

Lihat apakah situs web Anda memuat lebih cepat dari tiga detik. Halaman hasil akan memberi Anda beberapa saran tentang cara meningkatkan kecepatan situs web Anda.

Anda bisa memulainya dengan mengikuti tips berikut:

  • Memasang plugin caching.
  • Optimalkan dan kompres gambar posting blog Anda.
  • Pertimbangkan untuk pindah ke penyedia hosting web yang lebih cepat.

4. Tidak Memiliki Strategi Konten

Tidak Memiliki Strategi Konten

Penting bagi Anda untuk membangun konten blog di sekitar niche tertentu untuk menarik audiens target. Jika Anda mempublikasikan konten secara acak pada berbagai topik, Anda hanya akan membingungkan pembaca dan gagal membangun audiens yang spesifik untuk blog Anda.

Itu salah satu dari banyak alasan mengapa setiap blog membutuhkan strategi konten. Strategi konten adalah rencana terperinci tentang bagaimana, kapan, dan apa yang Anda publikasikan di blog Anda.

Lakukan riset dan tanyakan kepada orang-orang tentang topik apa yang paling mereka minati. Kemudian, buat topik blog seputar topik tersebut. Buat jadwal untuk mempublikasikan artikel Anda dan patuhi jadwal itu untuk secara konsisten mengirimkan konten ke audiens setia Anda.

5. Postingan Blog Anda Terlihat Membosankan

Postingan Blog Anda Terlihat Membosankan

Menulis dan menerbitkan artikel secara online adalah bentuk seni tersendiri, terutama dalam hal posting blog, Anda harus membuatnya cukup menghibur untuk membuat pembaca tetap terlibat di seluruh posting blog.

Jika posting blog Anda hanyalah teks dengan paragraf panjang, maka pembaca akan cepat bosan dan meninggalkan situs web Anda setengah jalan setelah membaca postingan.

Anda harus mengikuti pemformatan yang tepat, menyertakan anekdot, gambar dan menggunakan contoh untuk mengilustrasikan teori jika ingin membuat posting blog Anda lebih menghibur.

Bisa juga Anda menjaga paragraf tidak lebih dari tiga kalimat agar orang tidak bosan.  Selain itu, jangan takut untuk menggunakan banyak gambar di posting blog Anda. Bagaimanapun, sebuah gambar bisa membuat tulisan Anda menjadi tidak membosankan.

Cara Agar Blog Dapat Visitor Banyak

Nah, jika rencananya Anda ingin memonetisasi blog, maka Anda harus mengoptimalkan blog untuk meningkatkan jumlah pembaca. Berikut caranya:

1. Riset Kata Kunci untuk Blogging (Grafik)

Riset Kata Kunci untuk Blogging (Grafik)

Saat ingin membuat tulisan di blog, maka cari kata kunci yang tepat. Cara agar blog dapat visitor pertama adalah meneliti kata kunci.

Penelitian kata kunci dapat membantu Anda menghasilkan ide posting blog yang bagus dan memastikan bahwa ada audiens target yang cukup besar untuk konten yang ditulis.

Dengan menggunakan alat penelitian kata kunci, seperti Semrush atau Ahrefs, Anda dapat menemukan jumlah pencarian bulanan untuk berbagai kata kunci  dan menentukan peringkat untuk frasa tertentu.

Triknya adalah mengidentifikasi frasa yang dapat Anda gunakan di blog Anda yang menghasilkan jumlah traffic besar.

Ingin melihat lebih detail tentang cara menemukan kata kunci target terbaik untuk digunakan di blog? Cobalah melihat panduan Semrush untuk penelitian kata kunci.

Setelah riset kata kunci, Anda harus memastikan bahwa kata kunci Anda ditampilkan di semua tempat yang tepat di postingan Anda. Artinya, Anda perlu menambahkannya ke postingan seperti :

  • Judul
  • Deskripsi meta
  • Header
  • Teks alternatif
  • Body copy

2. Fokus Pada Pembuatan Konten Bentuk Panjang atau Long-Form Content

Fokus Pada Pembuatan Konten Bentuk Panjang atau Long-Form Content

Studi menunjukkan bahwa ‘konten bentuk panjang’ berkinerja lebih baik dalam hasil pencarian daripada postingan dengan konten pendek atau ‘tipis’. Konten panjang mengacu pada posting dengan jumlah kata tinggi yang masuk pada topik tertentu dengan sangat dalam.

Ada beberapa alasan mengapa konten bentuk panjang membantu menghasilkan posisi yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Pertama, posting yang lebih panjang secara alami akan lebih kaya kata kunci dan karena itu lebih mungkin muncul dalam hasil pencarian kata kunci ‘long tail’ (kueri pencarian yang melibatkan kombinasi beberapa kata).

Kedua, sifat mendalam dari posting yang panjang lebih mungkin untuk memuaskan pembaca yang menemukannya sebab kemungkinan besar akan menjawab pertanyaan visitor Anda, atau memecahkan masalah mereka.

Hasilnya, postingan Anda lebih mungkin dibagikan di media sosial atau ditautkan dari situs lain dengan implikasi yang sangat positif untuk traffic.

Namun, ingatlah, jangan terlalu panjang! Meskipun posting panjang biasanya menarik lebih banyak pembaca daripada yang sangat pendek, penting untuk tidak terlalu panjang.

Jika Anda membuat artikel besar hanya untuk mencentang kotak ‘ long-form’ dan isinya tidak berkualitas, kecil kemungkinan Anda akan dihargai oleh visitor atau mesin pencari.

Kualitas adalah kuncinya, karena Google berulang kali menjelaskan dalam sarannya tentang cara membuat peringkat konten tinggi di hasil pencarian.

3. Perbarui Konten dengan Update Posting Blog yang Sudah Ada

Perbarui Konten dengan Update Posting Blog yang Sudah Ada

Cara agar blog dapat visitor ketiga adalah melakukan penelitian tentang blogging dan SEO. Dengan SEO, maka Anda akan menemukan banyak artikel yang menekankan betapa pentingnya membuat konten ‘segar’ untuk menghasilkan search engine yang baik dan traffic ke situs Anda.

Cobalah membuat konten dengan fokus pada kualitas daripada kuantitas. Ya,daripada membuat blog setiap hari hanya agar banyak postingan yang ditampilkan, lebih baik untuk terus review posting lama dan meningkatkannya dengan informasi terbaru yang tersedia.

Trik ini sangat penting apalagi dalam hal ulasan produk, sebab orang bisa mengambil manfaatnya. Trik ini tidak hanya disetujui oleh algoritma search engine saja.

Trik tersebut juga meningkatkan panjang posting dan membantu menyediakan konten ‘bentuk panjang’ yang cenderung berkinerja lebih baik dalam hasil pencarian.

4. Tambahkan Konten Dengan Gambar yang Bagus

Tambahkan Konten Dengan Gambar yang Bagus

Cara agar blog dapat visitor yang banyak selanjutnya adalah menambahkan gambar. Sangat penting untuk menggunakan gambar yang bagus di setiap posting blog yang Anda terbitkan. Ada empat alasan utama mengapa Anda harus menggunakan gambar yang bagus, di antaranya :

  • Pertama, membantu pembaca memahami apa yang Anda tulis. Gambar sangat penting jika Anda menuliskan konten yang sulit dipahami sehingga gambar menjadi alat bantu visual yang dapat membantu menyederhanakan tulisan.
  • Kedua, gambar utama yang menyertai postingan akan sering muncul setiap kali pengunjung membagikan salah satu posting Anda di media sosial, dan jika gambarnya jelek, kecil kemungkinannya untuk menghasilkan klik-tayang ke situs Anda.
  • Ketiga, seperti teks, gambar dapat dioptimalkan untuk membantu konten Anda muncul di hasil pencarian dan menarik visitor. Dengan menambahkan kata kunci yang sesuai ke ‘teks alternatif’ gambar, nama file dan keterangan, Anda dapat membantu mesin pencari mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa postingan Anda yang pada gilirannya dapat membantu postingan tersebut muncul lebih sering dalam hasil pencarian yang relevan.

Kemudian, saat menambahkan gambar ke posting blog Anda, perhatikan hal ini :

Awasi ukuran file

File gambar besar adalah cara agar blog dapat visitor karena mampu meningkatkan waktu buka halaman, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi cara mesin pencari memberlakukan konten Anda dalam pencarian.

Mengapa demikian? Sebab halaman yang dimuat dengan cepat diprioritaskan daripada halaman yang lebih panjang oleh mesin pencari).

Gunakan hanya gambar yang Anda miliki haknya

Jika Anda tidak memiliki lisensi untuk sebuah gambar, maka Anda dapat didenda karena melanggar hak cipta. Coba cari situs dengan stok foto bebas royalti yang bagus untuk dapat membantu Anda menghindari masalah.

Google lebih suka gambar asli daripada yang banyak digunakan oleh beberapa situs lainnya. Alat desain grafis berbasis web seperti Canva dapat membantu Anda menghasilkan infografis berkualitas untuk blog Anda, dan juga memberi Anda akses ke perpustakaan foto bebas royalti.

5. Optimalkan Posting Blog Anda untuk SEO

Optimalkan Posting Blog Anda untuk SEO

Ada serangkaian cara agar blog dapat visitor menggunakan panduan teknis yang dikenal sebagai ‘SEO on Page’ yang harus Anda gunakan untuk memberikan peluang terbaik agar postingan blog Anda berkinerja baik dalam pencarian. Berikut caranya :

  • Buat judul posting blog yang mencerminkan penelitian kata kunci Anda, dan jelaskan secara akurat tentang apa yang Anda tulis
  • Sertakan kata kunci di setiap URL posting yang mencerminkan konten
  • Gunakan judul yang kaya kata kunci seperti H1, H2, H3, H4 untuk memecah konten
  • Gunakan teks alternatif kaya kata kunci dan nama file untuk gambar Anda.
  • Mendaftarkan situs Anda dengan Google Search Console
  • Memastikan semua file gambar sekecil mungkin (tanpa terlalu berpiksel)
  • Menghindari penggunaan skrip yang tidak perlu di halaman
  • Membuat situs Anda sesuai dengan standar baru ‘Core Web Vitals’ Google dalam hal kecepatan dan stabilitas

6. Optimalkan Postingan Anda

Optimalkan Postingan Anda

Cara agar blog dapat visitor selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan postingan  blog Anda untuk pembaca ‘nyata’. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat posting blog Anda lebih menarik bagi pembaca

  • Hindari jargon atau bahasa yang rumit, sebagian besar orang yang membaca posting blog Anda mungkin baru mengenal topik yang Anda diskusikan, jadi gunakan bahasa sesederhana mungkin dan jelaskan konsep dengan jelas.
  • Gunakan font yang relatif besar dan mudah dibaca di blog
  • Pastikan blog Anda menggunakan desain ‘responsif’  yaitu, yang menampilkan konten Anda dengan tepat untuk perangkat yang digunakan (ponsel, tablet, laptop, dll.).
  • Pastikan blog Anda dimuat dengan cepat, kiriman yang lambat memuat membuat orang tidak mau membacanya.

7. Ajak Visitor untuk Berbagi ke Sosial Media

Ajak Visitor untuk Berbagi ke Sosial Media

Cara agar blog dapat visitor selanjutnya, doronglah pembaca Anda agar secara aktif untuk membagikan posting blog secara eksplisit, ajaklah agar orang-orang memposting konten Anda di Twitter, Facebook, dan jejaring sosial lainnya.

Jika visitor Anda mengikuti dorongan ini, Anda tidak hanya akan melihat peningkatan traffic ke postingan, tetapi Anda juga dapat mengirimkan ‘sinyal’ ke mesin pencari mengenai popularitas dan kualitas postingan Anda.

Menggunakan alat seperti Sumo atau Addthis juga bisa membantu Anda untuk menambahkan banyak ikon berbagi ke sosial media.

8. Koneksikan Dengan Blogger Lain

Koneksikan Dengan Blogger Lain

Terhubung dengan blogger lain adalah cara hebat lainnya untuk membuat blog Anda mendapatkan banyak visitor.  Pertama-tama, Anda perlu tahu blogger seperti apa yang ingin Anda hubungkan karena itu sangat tergantung pada niche dan industri tempat Anda beroperasi.

Anda bisa menggunakan  Ahrefs untuk menemukan konten yang relevan dengan blog Anda. Mulailah dengan memasukkan istilah yang relevan di bilah pencarian ‘Content Explorer’:

Beberapa dari hasil ini akan sangat relevan dengan apa yang Anda lakukan, sementara beberapa di antaranya mungkin sedikit di luar topik.

9. Bangun Backlink Berkualitas ke Postingan Anda

Bangun Backlink Berkualitas ke Postingan Anda

Ada  dua cara agar blog dapat visitor bagus memastikan peringkat posting blog ada dalam mesin pencarian. Pertama, postingan Anda harus berisi konten berkualitas. Kedua, harus memiliki banyak backlink, tautan dari situs web terkemuka lainnya  yang mengarah ke sana.

Mendapatkan backlink biasanya merupakan tugas yang jauh lebih sulit, karena menjangkau banyak blogger dan pemilik situs web, meminta mereka untuk menyertakan tautan ke konten Anda di postingan mereka, atau mengizinkan Anda mempublikasikan postingan blog tamu.

Jika Anda memiliki posting blog yang memiliki banyak backlink untuk mengarah ke sana, Anda dapat memanfaatkan kekuatan ini dengan membuat tautan di dalamnya yang mengarah ke posting lain di situs Anda.

Jika Anda sudah menyiapkan Google Analytics untuk blog, maka Anda dapat menggunakan laporan analitik untuk memeriksa apakah orang membaca posting blog Anda dan bagaimana mereka menghabiskan waktu di situs web Anda.

Analisis waktu yang dihabiskan pengunjung di halaman web tertentu, dan periksa rasio pentalan Anda untuk melihat seberapa terlibatnya pembaca Anda.

Jika rata-rata pengunjung menghabiskan waktu kurang dari 15-20 detik pada sebuah halaman, maka itu adalah tanda bahaya. Gunakan cara agar blog dapat visitor yang sudah dijelaskan di atas agar traffic blog semakin merangkak naik.

You May Also Like