9 Hosting Murah Indonesia yang Recomended dan Berkualitas

gozarane.com – Sudah pernah berkecimpung dalam dunia website atau blogger? Jika sudah, maka kemungkinan Anda sudah tidak asing dengan istilah hosting. Hosting merupakan sebuah layanan yang bisa membuat website bisa tampil di internet. Kira-kira apa saja rekomendasi hosting murah Indonesia?

Sebenarnya ada banyak sekali hosting murah di Indonesia, hanya saja memang setiap orang yang ingin menggunakannya perlu mencari informasi web hosting yang sesuai kebutuhan. Tujuannya agar web hosting yang digunakan bisa disesuaikan dengan budget baik untuk tujuan pribadi ataupun bisnis.

Sekilas Tentang Hosting dan Perannya Dalam Website

Sekilas Tentang Hosting dan Perannya Dalam Website

Sebelum membahas secara detail rekomendasi hosting murah Indonesia, maka ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu pengertian dan fungsi hosting. Bagi pebisnis, hosting mampu memberikan peran penting untuk membuat website usahanya bisa diketahui dan di akses banyak orang.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, hosting adalah layanan online yang dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan data situs atau aplikasi web pengguna. Nantinya semua data yang tersimpan dalam hosting akan ditampilkan via internet. Apa saja jenis file yang bisa tersimpan dalam hosting?

File website yang tersimpan dalam hosting meliputi script, gambar, email, video, database, dan aplikasi. Ketika Anda akan menggunakan jaringan internet sambil mengakses sebuah situs, maka langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan menuliskan nama domain atau kata kuncinya.

Ibaratnya website merupakan sebuah bangunan rumah, sedangkan hosting disini berperan sebagai tempat berdirinya bangunan. Lalu domain beserta alamat IP (Internet Protocol) berperan sebagai alamat rumah, sehingga setiap orang akan lebih mudah menemukan website tersebut.

Domain sifatnya unik sehingga dapat dijadikan sebuah identitas penting bagi website. Maka dari itu, keberadaan hosting disini sangat berguna untuk menyimpan berbagai informasi ataupun data dari pemilik website tersebut. Sudah paham dengan konsep hubungan website, hosting, dan domain?

9 Rekomendasi Hosting Murah Indonesia Dengan Kualitas Baik

Sebenarnya jasa sewa hosting yang ada di Indonesia jumlahnya tidak banyak seperti di negara lain. Meskipun demikian, masih banyak jasa penyedia hosting yang hanya mengandalkan nominal tarif layanan dengan berusaha memberikan pelayanan prima yang dibutuhkan oleh kliennya.

Untuk mencegah terjadinya kerugian, maka Anda sebagai pengguna website perlu selektif dalam memilih jasa hosting di Indonesia yang terpercaya dan berkualitas. Tidak perlu khawatir, di bawah ini ada 9 rekomendasi jasa hosting murah yang ada di Indonesia dengan kualitas pelayanan yang baik.

1. IDCloudHost – Cloud Hosting yang Terkenal Murah

IDCCloudHost – Cloud Hosting yang Terkenal Murah

Rekomendasi hosting murah yang pertama yaitu IDCCloudHost. Cloud hosting satu ini terkenal mengedepankan fleksibilitas bagi semua penggunanya. Bahkan Anda sebagai pengguna bisa mengatur sendiri besarnya sumber daya yang dibutuhkan dalam hosting.

Menariknya lagi, pengguna IDCCloudHost tinggal memilih aplikasi yang digunakan seperi cPanel, WordPress, Pleks, CyberPanel, dan aplikasi lainnya. Proses intalasinya juga sangat mudah, karena pengguna tinggal melakukan satu kali klik. Praktis, bukan?

Jika berbicara tentang performa, IDCCloudHost selalu mengalami peningkatan dari tiap tahunnya. Uptime IDCCloudHost memang dikenal stabil dan mengalami perbaikan performa secara berkala. Saat ada pengguna yang mengalami masalah, maka layanan live chat selalu berusaha responsif.

Sejak tahun 2015, IDCloudHost saat ini sudah berhasil memiliki 200.000 pelanggan. Meskipun menyediakan layanan berkualitas, IDCloudHost hanya memberikan penawaran biaya sebesar Rp50 ribu per bulannya tanpa ada minimal perjanjian kontrak.

2. Dewabiz – Sebagai Scalable Hosting Koneksi Tercepat

Dewabiz – Sebagai Scalable Hosting Koneksi Tercepat

Rekomendasi hosting murah Indonesia yang kedua yaitu Dewabiz. Jasa hosting ini hadir dari tahun 2016 dan sudah berhasil menjadi fevorit para pengguna website. Mengapa demikian? Karena Dewabiz memiliki kecepatan tinggi dan menawarkan keunggulan berikut ini.

  1. Menawarkan shared hosting dengan koneksi yang sangat cepat.
  2. Dewabiz memiliki uptime rata-rata sampai 99,47%.
  3. Dibekali dengan fitur keamanan Anti DDOS.
  4. Menawarkan bantuan migrasi hosting secara gratis.
  5. Menawarkan kenyamanan pengguna berupa pemberian garansi uang kembali 30 hari.
  6. Menggunakan cPanel dalam pengoperasiannya.

Data center yang digunakan oleh Dewabiz berupa komponen berspesifikasi tinggi yaitu prosesor Intel Xeon E5-2630V3, RAM DDR4 dan juga SSD. Maka dari itu, Dewabiz dengan rasa percaya dirinya mengakui bahwa hosting mereka memiliki kecepatan website hingga 5 kali lipat.

Sama halnya denga IDCloudHost, Dewabiz juga menawarkan fleksibilitas bagi semua pengguna. Misalnya Anda ingin mencoba menggunakan paket Super Hosting, maka bisa dengan leluasa menentukan sumber daya sesuai kebutuhan.

Anda cuma butuh hosting untuk kebutuhan personal? Tenang saja, Dewabiz juga menyediakan layanan paket termurah mulai dari Rp10 ribu saja. Namun layanan paket termurah hanya bisa didapatkan ketika pengguna berlangganan minimal selama 3 tahun. Apa saja pilihan hostingnya?

Hosting yang terkenal memiliki kecepatan sangat tinggi dan sumber dayanya dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna. Biaya yang dibutuhkan untuk mencoba layanan super hosting sekitar Rp55000/ bulannya.

Paket ini hanya membutuhkan biaya mulai dari Rp9.900- Rp85.555 tiap bulannya. Paket cloud hosting yang ditawarkan oleh Dewabiz dengan storage mulai dari 1 GB sampai dengan penggunaan unlimited.

Butuh hosting yang kapasitasnya lebih memadai? Langsung saja coba berlangganan VPS Super Compute. Biaya yang dibutuhkan untuk berlangganan mulai dari Rp300.000,- per bulannya sampai dengan Rp1.600.000,- tiap bulannya.

3. Domainesia- Rekomendasi Hosting Murah Indonesia Kualitas Baik

Domainesia- Rekomendasi Hosting Murah Indonesia Kualitas Baik

Domainesia sudah cukup lama berpengalaman sebagai jasa hosting yang berkualitas dan terpercaya. Perusahaan memang terkenal sangat baik dalam mengoptimalkan infrastruktur cloud untuk bisa menyediakan layanan hosting dengan performa terbaik.

Walaupun Domainesia tidak dapat upgrade atau downgrade sesuai keinginan, namun masih menawarkan paket layanan yang sangat lengkap. Dengan kontrak minimal 1 tahun, Domainesia hanya memberikan biaya langganan mulai dari Rp14 ribu sampai dengan Rp56 ribu.

Anda membutuhkan server dengan spesifikasi yang kuat dan mumpuni untuk keperluan bisnis atau organisasi? Coba saja berlangganan Domainesia dengan biaya Rp63 ribu sampai Rp490 ribu saja tiap bulannya. Apa lagi yang menarik saat menggunakan layanan Domainesia?

Pengguna akan diberi kemudahan dalam menggunakan fitur instant deploy dalam proses pemesanannya. Fitur tersebut berfungsi untuk menginstall aplikasi secara otomatis bersamaan saat pengguna akan menyelesaikan pemesanan.

Sama dengan jasa hosting lainnya, Domainesia juga menyediakan CS (Customer Service) yang cakap untuk membantu menanggapi setiap masalah penggunanya. Berminat menggunakan layanan? Cari informasi lengkapnya melalui website resmi Domainesia.

4. Rumahweb-Layanan Hosting WordPress Terbaik

Rumahweb-Layanan Hosting WordPress Terbaik

Apalagi rekomendasi hosting murah Indonesia lainnya? Bagi Anda para pengguna aplikasi WordPress bisa menggunakan layanan hosting berkualitas dari Rumahweb. Jasa tersebut menyediakan layanan paket Small untuk mendapatkan banyak plugin.

Mau tema WordPress premium gratis? Dengan berlangganan Rumahweb, maka Anda akan mendapatkan banyak pilihan tema WordPress premium. Bagaimana syarat mendapatkannya? Lisensi tiap bonus dari Rumahweb yang masih berlaku dalam domain utama.

Pelanggan Rumahweb juga bisa mendapatkan domain gratis pada saat awal atau selama masih dalam masa berlangganan. Jika berbicara soal performa, memang banyak pengguna yang mengatakan bahwa kinerja server tidak optimal dengan uptime dan load time yang kurang ramah.

Meskipun begitu, Rumahweb memiliki fitur layanan yang lengkap dengan menawarkan paket entry hanya Rp15 ribu per bulannya. Dengan kapasitas storage 1 GB, Rumahweb mampu memberikan unlimited bandwidth serta SSL gratis.

Jika ingin mendapatkan bonus-bonus yang banyak, maka pengguna bisa memilih paket Small, Medium sampai large. Sedangkan untuk masalah diskon, Anda hanya akan mendapatkan diskon pada tahap pembelian pertama, lalu saat masa perpanjangan harga akan kembali normal.

5. Niagahoster-Hosting yang Menawarkan Unlimited Terbaik

Niagahoster-Hosting yang Menawarkan Unlimited Terbaik

Nama Niagahoster memang sangat terkenal sebagai jasa hosting yang sudah memiliki banyak pengalaman. Namun siapa sangka dengan layanan yang berkualitas, Niagahoster memberikan harga terjangkau bagi semua penggunanya dalam berlangganan.

Niagahoster menawarkan paket hosting unlimited tanpa ada batasan bandwidth, storage, database, dan batasan lainnya. Dengan harga yang ramah di kantong, tentunya paket unlimited itu bisa memberikan kepuasan bagi pengguna, bukan?

Jika ditinjau dari segi performa, banyak pelanggan Niagahoster merasa website mereka memiliki uptime yang stabil serta kecepatan yang baik. Sayangnya Niagahoster hanya menyediakan layanan kontrak minimal 1-3 tahun dan tidak ada langganan bulanan.

Sebagai rekomendasi hosting murah Indonesia dengan pelayanan memuaskan, Niagahoster menyediakan beberapa pilihan paket. Anda bisa mencoba menggunakan paket bayi, paket pelajar, paket personan, dan paket bisnis. Memangnya berapa harga langganan hosting di Niagahoster?

Misalnya saja paket rekomendasi personal biaya bulanannya sekitar Rp26 ribuan dengan kontrak selama 3 tahun. Nah, jika ingin membayar lunas biaya langganan hanya sekitar Rp965.250,- dengan diskon 75% pada pembayaran awal. Bagaimana detail keunggulan dari Niagahoster?

  1. Memiliki uptime dengan rata-rata 99,80%
  2. Menawarkan disk space dan bandwidth tanpa batas.
  3. Menggunakan layanan cPanel.
  4. Backup datanya fleksibel untuk semua pengguna.
  5. Forum dan course tersedia lengkap.
  6. Menawarkan program loyalty bagi pelanggan.
  7. Adanya fitur untuk meningkatkan kecepatan website.

6. Hostinger ID dengan Performa Memadai

Hostinger ID dengan Performa Memadai

Hostinger merupakan penyedia layanan hosting internasional yang kini tersedia dalam 178 negara khususnya Indonesia. Perlu Anda ketahui, Hostinger sendiri menaungi jasa hosting lokal yaitu Niagahoster yang sebelumnya dijelaskan.

Namun, Hostinger dan Niagahoster tetap menjalankan pelayanan hosting secara terpisah. Dengan pelayanan yang mayoritas premium, Hostinger memang dikhususkan untuk bisa mendongkrak performa website. Apakah Hostinger mematok harga mahal untuk berlangganan?

Walaupun menyediakan pelayanan premium, Hostinger tetap memberikan harga murah lengkap dengan biaya perpanjangannya. Harga berlangganan Hostinger dimulai dari harga Rp13.900 per bulannya hingga Rp49.900,- per bulan untuk jenis shared hosting.

Sedangkan untuk layanan cloud, Hostinger mematok harga mulai dari Rp150 ribu sampai Rp1.090.000 tiap bulannya. Hostinger akan memberikan diskon besar-besaran bagi Anda yang berminat untuk berlangganan jangka panjang. Apa saja keunggulan Hostinger ini?

  1. Performa hosting sangat mumpuni secara keseluruhan.
  2. Uptime rata-ratanya sekitar 99,997%.
  3. Hostinger dibekali dengan Knowledge Base yang super lengkap.
  4. Menyediakan bantuan migrasi hosting secara gratis.
  5. Memberikan jaminan 30 hari uang bisa kembali.
  6. Menggunakan hPanel secara ekslusif.

7. WarnaHost Hemat

WarnaHost Hemat

WarnaHost tampak layak dijadikan rekomendasi hosting murah Indonesia. Bagaimana tidak? Hanya dengan biaya sebesar Rp100 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan hosting DirectAdmin selama kontrak 1 tahun. Dengan biaya tambahan Rp25 ribu, Anda bisa menggunakan cPanel.

WarnaHost juga menawarkan spesifikasi yang tidak terlalu buruk, walaupun storage sebesar 1 GB. Dengan biaya yang sangat terjangkau, Anda bisa mendapatkan email, website, bonus tema WordPress Astra Pro, serta unlimited bandwitdth.

WarnaHost sendiri menawarkan tiga jenis hosting yang bisa Anda gunakan. Tiap jenis hosting tentunya dibandrol dengan biaya langganan yang berbeda-beda. Meskipun begitu, WarnaHost termasuk jasa hosting paling murah dari yang termurah.

Paket hosting yang menawarkan banyak fitur dengan spesifikasi yang mumpuni. Berapa biayanya? Anda cukup siapkan biaya mulai dari Rp15 ribu sampai Rp84 ribu. Setelah itu, pengguna WarnaHost bisa menggunakan hosting sepuasnya sesuai kebutuhan.

Siapa yang ingin paket hosting lengkap siap pakai dari WarnaHost? Dengan langganan pemula minimal 1 tahun, Anda bisa menggunakan hosting murah ini. Biayanya mulai dari Rp100 ribu sampai Rp300 ribu saja.

Tidak hanya itu, WarnaHost juga menyediakan paket cloud hosting dan WordPress hosting. Jika Anda menggunakan paket cPanel, maka akan mendapatkan performa yang lebih mumpuni dari segi uptime dan kecepatan. Informasi lebih lanjut bisa hubungi admin WarnaHost secara online!

8. Dapur Hosting

Dapur Hosting

Jasa hosting ternama ini menawarkan paket termurah yang harganya hampir mirip dengan WarnaHost. Dengan membayar biaya langganan hanya Rp100 ribu per tahunnya, Anda akan mendapatkan fasilitas hosting dengan space 300 MB, 1 parking website, dan bandwidth 5 GB.

Menariknya lagi, paket layanan yang disediakan oleh Dapur Hosting sudah mendukung NodeJS. Paket dengan dukungan NodeJS memiliki tarif yang lebih kompetitif di mata para programmer yang sedang membutuhkan jasa hosting murah namun masih berkualtas baik di Indonesia.

Dapur hosting memiliki 3 layanan paket yaitu web hosting, email hosting, dan VPS hosting. Dengan performa yang terus diperbaiki, Dapur Hosting kini sudah memiliki layanan yang luas diseluruh Indonesia mulai dari sektor organisasi, lembaga pendidikan, perusahaan, dan pribadi.

Jasa hosting ternama ini menawarkan uptime sekitar 99,99% dan garansi uang kembali dalam waktu 30 hari. Untuk Anda yang mencari nama domain terbaik, Dapur Hosting juga menyediakannya mulai dari harga Rp55.000 per tahunnya.

9. IDWebhost

IDWebhost

Rekomendasi hosting murah Indonesia yang terakhir yaitu IDWebhost. Dibandingkan dengan jasa hosting sebelumnya, IDWebhost lebih berpengalaman karena sudah hadir sejak tahun 2004. Hingga saat ini, IDWebhost sudah memiliki sekitar 100 ribu pelanggan.

Jika dilihat dari jumlah pelanggannya yang meningkat tiap tahun, tentunya IDWebhost mampu memberikan kualitas layanan yang bisa diandalkan. Hal ini bisa dilihat dari paket-paket yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Memangnya apa saja paket yang disediakan IDWebHost?

Untuk kebutuhan website pribadi, Anda bisa menggunakan paket charming atau cute. Paket tersebut sudah menyediakan layanan unlimited bandwidth lho! Sedangkan untuk performa bisnis, Anda bisa memilih paket awesome dengan spesifikasi yang tinggi.

Bagi pengguna yang menggunakan paket awesome, maka akan mendapatkan bonus berupa audit SEO website yang tersedia gratis. Cukup siapkan biaya langganan sebesar Rp10.900 per bulan hingga Rp300 ribu untuk paket hosting bisnis. Tertarik berlangganan IDWebhost?

Dari sekian banyak rekomendasi hosting murah Indonesia diatas, manakah yang ingin Anda gunakan? Dengan hosting yang mumpuni, maka akan mendorong performa website lebih optimal dalam internet. Semakin kuat performa website, maka bisa mendatangkan cuan yang lebih banyak tentunya.

You May Also Like