Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM 2022 Di Web Cekbansos

gozarane.com – Bansos BLT BBM adalah sebuah bantuan sosial yang berupa subsidi langsung tunai BBM (bahan bakar minyak). Bantuan langsung tunai Bansos BLT BBM ini secara tidak langsung diberikan sebagai ganti rugi atau kompensasi karena keputusan baru pemerintah.

Keputusan yang mengerek atau menaikkan harga bensin subsidi. Kira-kira berapakah besaran dari Bansos BLT BBM ini dan akan diberikan bagi siapa saja? Apakah kamu sudah mendapatkannya?

Bagaimana cara mengecek siapa saja yang mendapatkan Bantuan sosial Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak ini? Simak terus artikel ini pada halaman berikutnya untuk mendapatkan jawabannya.

Besaran Bansos BLT BBM

Besaran Bansos BLT BBM

Bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai bahan bakar minyak ini akan dibagikan untuk sebanyak 20,65 juta masyarakat Indonesia. Dengan dana sebesar 600 ribu rupiah per masyarakat.

Pemerintah sendiri lah yang telah mengalokasikan dana ini secara khusus yang berasal dari proses pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak. Dalam kas keuangan negara, dengan jumlah dana sebesar 12,4 triliun rupiah.

Pengalihan subsidi bahan bakar minyak dalam kas negara sebesar itu untuk penyaluran bantuan langsung tunai Bansos BLT BBM. Hal pembagian bantuan sosial ini akan berlangsung hingga beberapa minggu ke depan.

Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM

Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM

Ini untuk kamu yang ingin mengecek apakah kamu terdaftar sebagai penerima Bansos BLT BBM ini atau tidak. Kamu bisa mengeceknya di situs resmi kemensos khusus cek bantuan sosial pada link disini.

Selain hanya mengeceknya saja, kamu juga bisa mendaftarkan diri sebagai penerima Bansos BLT BBM ini. Kamu bisa mengajukan diri sebagai penerima bantuan langsung tunai Bansos BLT BBM ini melalui Program Usul Sanggah.

Program Usul Sanggah ini merupakan salah satu fitur yang ada di dalam aplikasi khusus cek bantuan sosial. Fitur ini ditujukan jika ada orang yang tidak mendapatkan bantuan sosial padahal berhak untuk menerimanya.

Masyarakat dipersilahkan untuk mengunduh aplikasi Cek Bansos. Setelah itu silahkan mendaftar dan memverifikasi data untuk mengakses fitur baru tersebut demi mendapatkan Bansos BLT BBM ini.

Selain dengan cara melakukan langkah di atas, kamu dan semua masyarakat lainnya tanpa terkecuali juga bisa coba menghubungi secara langsung. Melalui nomor 021-171, command center Kementrian Sosial.

Cara Pengecekan Penerima Bansos BLT BBM

Cara Pengecekan Terima Bansos BLT BBM

Sementara itu, untuk kamu yang sudah terdaftar akan menerima bantuan langsung tunai ini dan ingin mengecek Penerima Bansos BLT BBM. Kamu dapat ikuti dan lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Kamu bisa masuk ke laman cek bansos kemensos dengan klik link disini
  2. Isilah data wilayah kamu sebagai penerima manfaat (terdiri dari provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, dan desa tempat tinggal kamu)
  3. Masukkan nama kamu sesuai dengan KTP pada kolom penerima manfaat
  4. Ketik 8 digit atau huruf kode yang ada di layar dalam kotak kode sebagai captcha (jangan lupa dipisahkan oleh spasi)
  5. Jika kode berupa 8 huruf tersebut kurang jelas untuk kamu baca, silahkan klik ikon ulang untuk mendapatkan kode baru yang lainnya
  6. Pastikan kembali data yang kamu masukkan sudah benar
  7. Jika sudah, silahkan tekan tombol ‘cari data’
  8. Nama kamu akan muncul jika kamu sudah resmi terdaftar sebagai penerima manfaat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  9. Kamu berhak untuk mendapatkan Bansos BLT BBM sebesar 600 ribu rupiah

Syarat Dan Ketentuan Menerima Bansos BLT BBM

Syarat Dan Ketentuan Menerima Bansos BLT BBM

Untuk kamu yang sudah mengecek penerima Bansos BLT BBM dengan mengikuti langkah-langkah di atas namun namamu belum muncul di data. Cek lah juga terlebih dahulu syarat untuk menerimanya.

Kamu bisa cek syarat untuk menerima bantuan sosial langsung tunai bahan bakar minyak ini di bawah.

  • Warga rentan miskin dan/atau warga miskin
  • Masyarakat yang bukan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, ataupun Polri
  • Terdaftar sebagai KPM (keluarga penerima manfaat) dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kemensos
  • Warga yang memiliki penghasilan di bawah 3,5 juta rupiah

Untuk syarat mendaftar atau mengajukan nama sebagai penerima Bansos BLT BBM ini yaitu. Tentu saja dengan memenuhi syarat menerima Bantuan Sosial Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak terlebih dahulu.

Jika kamu memenuhi syaratnya namun namamu tidak muncul di data, silahkan mengajukan dan mendaftar secara pribadi. Melalui aplikasi cek bansos untuk menerima bantuan langsung tunai bahan bakar minyak ini.

Kamu juga bisa mendaftarkan orang lain untuk menerima bantuan langsung tunai bahan bakar minyak ini. Selain itu jika kamu merasa ada orang yang seharusnya tidak berhak untuk mendapatkannya. kamu juga bisa melaporkannya jika orang tersebut malah menerima bantuan ini.

Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos

Cek bansos aplikasi dapat kamu temui dan instal melalui Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini dapat digunakan dengan tujuan untuk masyarakat dapat melihat kepesertaan bantuan sosial.

Bantuan sosial itu diantaranya seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Program Keluarga Harapan (PKH). Fitur melalui aplikasi yang telah disediakan pemerintah ini sangatlah berguna.

Masyarakat pengguna aplikasi dapat melihat daftar nama-nama penerima bantuan sosial yang ada baik di sekitar wilayah administrasinya.

Setiap orang juga berhak untuk memberikan komentar sanggahan bagi penerima bantuan yang dianggap tidak layak. Kemudian dapat mengusulkan masyarakat yang berhak dan layak masuk ke daftar penerima bansos.

Masyarakat yang berhak dan layak untuk menerima bantuan sosial, termasuk diri sendiri, keluarga, dan masyarakat di sekitar kamu. Untuk mengusulkan (mendaftarkan) mereka, klik tombol tambah usulan.

1. Fitur Usul

Fitur yang satu ini bisa kamu pakai untuk menambahkan nama dari setiap orang baik dalam keluarga maupun luar pihak keluarga. Yaitu pihak masyarakat yang memang berhak untuk mendapatkan bantuan sosial tersebut.

Cara lengkap dan langkah-langkah untuk menggunakan fitur usul ini yaitu sebagai berikut.

  1. Download dan instal Aplikasi Cek Bansos melalui Google Play Store atau App Store
  2. Buka aplikasi cek bansos yang sudah berhasil diinstal
  3. Tekan tombol pilihan menu ‘Daftar Usulan’
  4. Setelah itu klik tombol pilihan menu ‘Tambah Usulan’
  5. Isilah formulir yang ada sesuai dengan data asli kependudukan masyarakat calon penerima manfaat
  6. Silahkan memilih jenis bantuan sosial yang ingin didapatkan, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Program Keluarga Harapan (PKH)
  7. Unggahlah foto KTP masyarakat calon penerima manfaat dan foto rumah dari bagian depan
  8. Upload data dan formulir yang sudah lengkap dan sesuai
  9. Setelah berhasil mengajukan nama, pemerintah akan melihat dan verifikasi data tersebut
  10. Data yang sudah berhasil diverifikasi berhak menerima Bansos BLT BBM sebesar 600 ribu rupiah
  11. Kamu akan mendapatkan info lebih lanjut nantinya, silahkan cek status bantuan secara berkala

2. Fitur Sanggah

Kali ini fitur yang merupakan kebalikan dari fitur usul yang sebelumnya dimana masyarakat dapat mendaftarkan diri sebagai calon penerima manfaat bantuan sosial.

Fitur sanggah ini akan digunakan untuk menilai apakah seseorang yang sudah mendapatkan bantuan sosial tersebut sebenarnya layak atau tidak untuk menerimanya.

Cara untuk menggunakan fitur sanggah ini yaitu sebagai berikut.

  1. Download dan instal Aplikasi Cek Bansos melalui Google Play Store atau App Store
  2. Buka aplikasi cek bansos yang sudah berhasil diinstal
  3. Klik tombol pilihan menu ‘tanggapan kelayakan’
  4. Setelah itu akan ditampilkan halaman depan yang berisi data penerima Bantuan Langsung Tunai di sekitar wilayah tempat tinggal kamu
  5. Kamu bisa memberikan tanggapan dan penilaian jika nama masyarakat yang mendapatkan bantuan sosial benar-benar layak
  6. Klik ikon jempol yang menghadap ke atas, artinya orang tersebut sudah layak menerima bantuan sosial pemerintah
  7. Berikan tanggapan dan penilaian kamu pada data masyarakat yang menurutmu tidak berhak untuk mendapatkan bantuan sosial
  8. Klik ikon jempol terbalik (yang menghadap ke bawah) pada nama masyarakat yang tidak layak menerima bantuan sosial
  9. Silahkan isi alasan kamu bisa menilai orang tersebut bisa sampai tidak layak mendapatkan bantuan sosial langsung tunai itu
  10. Jika sudah, tekan tombol pilihan menu ‘kirimkan tanggapan’
  11. Tanggapan kamu sudah berhasil dikirimkan, pemerintah akan memverifikasi data yang sudah kamu berikan

Kontak Kementrian Sosial

Kontak Kementrian Sosial

Jika kamu menemukan dan mencurigai bantuan yang salah diberikan, tolong untuk menghubungi kementrian sosial pada hotline bantuan dengan nomor 08111022210.

Atau kamu bisa mengirimkan aduan melalui email pada alamat [email protected]
Nomor dan email tersebut hanya dapat digunakan untuk mengirimkan laporan pengaduan saja.

Pengaduan yang dimaksud itu dapat berupa bantuan langsung tunai yang dikirimkan salah sasaran. Atau bisa juga kamu melaporkan mengenai penyelewengan dana dan/atau adanya pungutan liar.

Untuk pendaftaran bansos, kamu bisa menghubungi Kementrian Sosial pada kontak yang berbeda.

Kami harapkan informasi yang kami berikan ini dapat kamu dapat dan gunakan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat bersama. Gunakan fitur yang telah disediakan dengan bertanggung jawab.

Akhir Kata

Sekian informasi yang dapat kami berikan untuk kamu seputar dengan Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM hingga syaratnya. Dan aplikasi cek bansos yang dapat kamu gunakan untuk mendaftar dan sebagainya. Terima kasih!

You May Also Like