Jenis-Jenis Keyboard yang Sering Digunakan oleh Masyarakat Indonesia

Jenis-Jenis Keyboard yang Sering Digunakan-Keyboard atau papan ketik adalah sebuah komponen penting dan harus ada dalam perangkat komputer. Alat ini berbentuk fisik dan virtual/non fisik. Keyboard fisik pada perangkat komputer merupakan jenis keyboard eksternal dan biasanya dijual terpisah. Berbeda dengan keyboard fisik pada laptop yang bagian internal dari laptop tersebut.

Keyboard non fisik(on-screen keyboard) keyboard ini kemungkinan sudah terpasang dalam sistem perangkat operasi yang ada. Pengguna OS windows bisa dengan mudah mengaktifkan keyboard non fisik ini di komputer kamu.

Yuk, langsung saja kita bahas jenis-jenis keyboard yang sering digunakan oleh masyarakat. Jenis yang pertama berupa keyboard fisik, keyboard fisik juga dibagi beberapa jenis. Simak ulasan dibawah ini.

Jenis-Jenis Keyboard Yang Sering Digunakan

Setidaknya kita akan mengetahui beberapa jenis keyboard yang memang sering digunakan sekarang ini, apa sajakah itu? berikut selengkapnya.

Keyboard Rubber Dome (Keyboard membrane)

Keyboard membran atau keyboard rubber dome merupakan jenis keyboard yang paling sering digunakan pada perangkat komputer. Keyboard ini juga disebut keyboard standar, diantara beberapa macam variasinya, keyboard QWERTY merupakan yang paling sangat populer di dunia.

QWERTY itu merupakan huruf yang diletakan dibaris pertama berupa 6 huruf Q, W, E, R, T, Y. Bukan QWERTY saja ada juga AZERTY dimana baris pertamanya berupa huruf A, Z, E, R, T, Y. Keyboard AZERTY ini sering digunakan di negara yang berbahasa perancis, ada lagi variasi lainnya yaitu QWERTZ dan Dvorak.

Keyboard QWERTZ ini sering digunakan di negara eropa tengah. Tetapi keyboard Dvorak bukan diambil dari baris pertama huruf yang terletak pada keyboard tetapi ini diambil dari nama penciptanya.

Beberapa keyboard di negara-negara non latin membutuhkan tata letak sepenuhnya untuk simbol alfabet mereka sendiri. Contoh keyboard JCUKEN russia, keyboard cina dan jepang yang tampilannya simbol-simbol asli bahsa yang mereka gunakan tetapi dibuat sama seperti tata letak keyboard QWERTY.

Meskipun keyboard standar telah mengalami perubahan desain dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Tetapi tata letak dasarnya tetap, jumlah tombol keyboard standar ada 105, untuk keyboard versi lama mempunyai jumlah tombol kisaran 95-103.

Keyboard standar dapat dikoneksikan dengan komputer melalui kabel USB dan juga jaringan nirkabel seperti inframerah, bluetooth, dan frekuensi radio.

  • Keyboard bluetooth yang terhubung melalui tekhnologi bluetooth melalui jangkauan kerja 10 meter. Keyboard bluetooth biasanya kompatibel dengan pereangkat yang telah mendukung tekhnologi bluetooth.
  • Keyboard yang terhubung melalui jaringan frekuensi radio hanya memiliki jangkauan kerja 2 meter saja. Keyboard nirkabel ini biasanya dijual lebih murah dibandingkan keyboard bluetooth.

Tetapi penggunaanya lebih efektif dibanding keyboard inframerah.

  • Keyboard inframerah memiliki kelemahan utama yang merupakan diletakan segaris dengan transcaiver. Hal ini yang membuat tidak efektif dan cukup sulit, keyboard ini yang harganya cukup murah dibanding lainnya.

Semua jenis keyboard di atas harus ada daya eksternal agar bisa berfungsi.

Baca juga: Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7

Keyboard mechanical

Keyboard mechanical adalah keyboard yang bersifat mekanik. Keyboard ini memanfaatkan switch yang ada di bawah keycap yang membuat jari terasa mempunyai tekanan balik pada saat mengetik.

Ini yang menyebabkan pengguna keyboard mechanical terasa lebih nyaman dibandingkan keyboard biasa. Keyboard mechanikal dibuat dengan desai sebaik mungkin dan membuat pergelangan tangan pengguna tidak mudah lelah.

Karena itu keyboard mechanical harganya lebih mahal dibanding keyboard rubber dome. Tetapi ada juga yang tipe murahnya dan sangat menarik pasaran.

keyboard sering digunakan

Keyboard Gaming

Keyboard gaming pada umumnya adalah kayboar standar yang dibuat denagn fitur-fitur (Gmmick) untuk mendukung aktivitas bermain game. Dengan adanya industri gaming yang melaju sangat cepat di dunia maka dibuatlah keyboard ini untuk memudahkan bermain game.

Keyboard ini memeiliki desain yang sangat bagus berbeda dengan keyboard biasa, setiap tombol pada keyboard ini bisa menyala sehingga terlihat menarik dan keren.

Fitur tambahan yang ada pada keyboard gaming yaitu layar LED, tombol multimedia, dan palmrest (berfungsi untuk memberikan rasa nyaman pergelangan tangan kita saat menggunakan keyboard).

Keyboard laptop

Keyboard laptop umumnya adalah keyboard standar yang diminimalisir tanpa harus menghilangkan keefektifan nya. Keyboard leptop memeiliki jarak tombol yang berdekatan, jumlah tombolnyapun lebih sedikit dan lebih kecil. Meski demikian keyboard ini tetap dalam pengaturan QWERTY universal.

Dalam keyboard ini tidak ada tombol numerik di bagian besar keyboard laptop, tetapi tombol yang ada bagian dari tombol kontrol seperti untuk mengatur kecerahan layar, volume dan lain sebagainya. Jika keyboard laptop mu tidak berfungsi, jalan satu-satunya untuk mengganti dengan yang baru. Tapi kamu tidak bisa menggantinya sendiri melainkan datang ke tukang service laptop. Harga untuk mengganti keyboard bervariasi tergantung dengan merk apa yang kamu gunakan.

Keyboard Gulung

Keyboard gulung atau keyboard fleksibel adalah perpaduan antara keyboard standar dan keyboard laptop, tujuan dan fungsinya pun sama. Keyboard ini memiliki ciri khas jarak antar tombol pendek dan tombolnya berukuran besar-besar.

Keyboard ini tahan debu dan air karena terbuat dari bahan silikon. Kamu tidak harus menekan tombol dengan keras karena ini dibuat tidak taktil. Seperti namanya keyboard ini bisa digulung dan disimpan dimana saja.

Agar tetap berfungsi dengan baik keyboard ini harus ditempatkan di permukaan halus dan keras. Jika ingin menghubungkan dengan perangkat komputer kamu bisa menggunakan kabel USB. Keyboard ini boleh digulung tetapi tidak boleh dilipat karena akan merusak sirkuit dan kabel pada bagian dalamnya.

Baca juga: Aplikasi Kasir

Akhir Kata

Nah,itu tadi jenis-jenis keyboard yang sering digunakan oleh masyarakat, kamu bisa membelinya di toko-toko perangkat komputer. Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat.

You May Also Like