Kalkulator Tes Kesehatan Mental Online, Cek Mental Kamu Disini

gozarane.com – Tes kesehatan mental online kini dapat dilakukan melalui kalkulator yang dapat mengukur kondisi mental seseorang. Seperti yang kita ketahui fungsi kalkulator adalah untuk membantu proses menghitung.

Umumnya digunakan dalam perhitungan matematika, namun kini sudah banyak kalkulator penghitung lainnya. Salah satunya yang sedang tren sekarang ini adalah kalkulator tes kesehatan mental online. Hal ini juga disebabkan karena tanggal 10 Oktober kemarin merupakan peringatan kesehatan mental di dunia.

Jika kamu juga tertarik untuk melakukan tes kesehatan mental online, artikel ini bisa menjadi jawabanmu. Kalkulator tes kesehatan mental online ini juga dapat dijadikan screening tahap awal.

Apa Itu Kesehatan Mental?

Apa Itu Kesehatan Mental

Kesehatan mental sangat penting untuk dijaga karena berpengaruh ke dalam kehidupan setiap harinya. Memiliki kondisi mental yang sehat adalah impian semua orang.

Hidup dan pengembangan potensi akan terasa lebih maksimal jika memiliki kondisi mental yang baik. Berhubungan dengan seseorang pastinya juga terasa lebih positif. Menjalin hubungan akan lebih sehat dan membuat bahagia.

Mental yang sehat membuat hidup terasa lebih tenang dan juga tentram karena tidak memiliki pembawaan yang buruk. Berbeda jika kondisi mental sedang tidak baik, pasti pembawaannya akan terasa lebih berat.

Belakangan ini, sangat ramai perbincangan mengenai kesehatan mental. Terlebih lagi, banyak yang sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental.

Jika memiliki kondisi mental yang buruk, maka emosi akan lebih tidak stabil dan bisa merusak hubungan dengan orang lain. Selain itu, kondisi mental yang buruk dapat mengganggu aktivitas setiap harinya.

Kesulitan fokus terhadap satu hal akan dialami oleh seseorang yang kondisi mentalnya sedang tidak baik. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui kondisi mental diri sendiri.

Penanganan yang perlu dilakukan pertama kali adalah menerima kondisi dan melakukan validasi terhadap perasaan yang dialami. Pengenalan kondisi ini juga akan berpengaruh terhadap bagaimana penanganan untuk kedepannya.

Kondisi Umum Gangguan Kesehatan Mental

Kondisi Umum Gangguan Kesehatan Mental

Tidak menutup mata pada apa yang sedang dialami adalah salah satu jalan untuk penyembuhan. Di mana perasaan buruk dan emosi yang mengganggu juga harus dilepas.

Tes kesehatan mental online dapat dijadikan langkah awal untuk mengetahui gejala yang terjadi terkait kondisi mental. Namun, sebelum itu kamu juga harus mengetahui kondisi umum yang menjadi gangguan pada kesehatan mental.

1. Stress

Gangguan yang pertama adalah stress. Kondisi ini adalah yang paling umum untuk dialami oleh kebanyakan orang.

Menjalani kehidupan yang berat adalah salah satu faktor gangguan ini muncul. Stress sendiri didefinisikan sebagai keadaan di mana seseorang mengalami tekanan berat secara emosional.

Ciri umumnya, seseorang akan terlihat cemas dan mudah tersinggung. Gangguan yang satu ini dapat mengurangi motivasi pada kegiatan yang disukai dan mengganggu konsentrasi penderitanya.

Tidak jarang stress dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya depresi jika tidak segera ditangani dengan benar. Cara bersikap akan sangat terlihat jika seseorang mengalami stress.

Selain itu, kesehatan fisik juga akan terlihat dan mempengaruhi beberapa hal lain. Mudah marah dan malas untuk berinteraksi dengan orang lain dapat menjadi salah satu contoh gejala stress.

Jika kamu melakukan tes kesehatan mental online dan mendapat hasil gangguan kesehatan yang satu ini, jangan khawatir. Cari bantuan ke orang terdekat yang bisa dipercaya untuk meluapkan emosi yang sedang dialami.

Solusi lainnya adalah mencari jalan keluar dari akar pemicu stress. Belajar menerima sebuah masalah dan menghadapinya adalah jalan lain yang bisa kamu ambil. Jangan lupa untuk mengendalikan diri serta selalu berusaha untuk berpikir positif.

2. Anxiety Disorder

Setiap orang pasti mengalami perasaan cemas sesekali. Biasanya dipicu oleh sesuatu dan hanya terjadi karena event tertentu. Namun, untuk gangguan rasa cemas ini kondisinya lebih parah.

Di mana kondisi ini terjadi ketika rasa cemas yang dialami sulit untuk dikendalikan dan terjadi secara konstan serta berlebihan. Gangguan ini memberikan dampak buruk untuk kehidupan dan aktivitas.

Orang yang mengalami gangguan rasa cemas ini akan merasa gelisah terus menerus dan sulit untuk ditenangkan. Tidak hanya rasa cemas tetapi juga penderita akan mengalami rasa takut berlebihan.

Rasa percaya diri seseorang akan turun ketika mengalami gangguan rasa cemas. Lebih suka menyendiri dan sulit konsentrasi adalah ciri lain dari anxiety disorder ini.

Jika kamu terdeteksi mengalami gejala ini pada saat tes kesehatan mental online, temui profesional yang bisa membantu. Hal itu harus dilakukan agar tidak salah penanganan.

Diagnosa diri sendiri melalui tes kesehatan mental online bukan keputusan yang tepat untuk dipercaya sepenuhnya. Jika tidak ditangani dengan benar kemungkinan gejala akan semakin berat.

Perlu diingat, anxiety disorder ini mempengaruhi aktivitas dan kegiatan setiap harinya. Jika kondisi semakin memburuk maka kehidupan juga akan kacau. Ditambah lagi, bisa berpengaruh terhadap kesehatan fisik.

Beberapa pemicu gangguan kesehatan mental ini adalah trauma. Pemicu lainnya bisa disebabkan oleh hormon pengendali suasana hati dan penyalahgunaan obat terlarang.

3. Depresi

Gangguan kesehatan mental yang terakhir akan dibahas adalah depresi. Kondisi di mana penderita akan merasakan kesedihan secara terus menerus.

Perasaan sedih menang pasti dialami oleh setiap orang setidaknya beberapa kali di dalam hidupnya. Namun, pasti ada pemicu kesedihan tersebut dan akan ada waktunya kesedihan itu hilang.

Penderita depresi akan mengalami rasa sedih selama hitungan bulan bahkan tahun. Durasi yang sangat panjang ini akan membuat penderitanya merasa tersiksa.

Depresi tidak hanya menyerang secara psikologis tetapi juga secara fisik. Pola hidup akan berubah menjadi semakin buruk bahkan sampai melakukan percobaan bunuh diri.

Langkah awal untuk mendeteksi gangguan kondisi mental yang satu ini bisa dilakukan melalui tes kesehatan mental online. Namun, disarankan untuk segera menemui psikolog profesional jika mendapati hasil depresi ketika tes kesehatan mental online.

Jangan pernah membuat kesimpulan sendiri dan mempercayai hasil tes kesehatan mental online secara penuh. Perlu adanya pemeriksaan tindak lanjut untuk menetapkan suatu penyakit yang dialami seseorang.

Banyak sekali pemicu depresi yang membuat depresi semakin parah. Maka dari itu perlu adanya batasan untuk dapat menerima dan menolak suatu peristiwa.

Kalkulator Tes Kesehatan Mental Online

Kalkulator Tes Kesehatan Mental Online

Setelah mengetahui gambaran kesehatan mental secara umum dan pembagiannya, kamu juga perlu mencoba melakukan tes kesehatan mental online. Tes ini dilakukan agar kamu bisa lebih waspada dan sadar akan kesehatan mental diri sendiri.

Tes kesehatan mental online yang dibuat adalah sebagai screening awal saja. Jadi, jangan langsung membuat kesimpulan bahwa kamu mengalami gangguan mental tersebut.

Berikut ini adalah kalkulator tes kesehatan mental online yang bisa kamu gunakan untuk tahap screening awal. Silahkan mencoba setiap kalkulator yang kami sediakan secara gratis.

1. Airlangga Safe Space

1. Airlangga Safe Space

Jika kamu penasaran dengan kondisi kesehatan mental saat ini, kamu bisa melakukan tes kesehatan mental online melalui website satu ini. Website ini dipelopori oleh BEM Fakultas Psikologi dari Universitas Airlangga.

Bermula untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran kesehatan mental, kini website sudah bisa digunakan untuk melakukan screening. Website ini dibuat sebagai salah satu kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat dalam awareness mental.

Kamu tidak akan bingung jika mengunjungi website ini karena tampilannya sangat bagus dan simple. Mudah dimengerti serta terdapat panduan jika kamu bingung saat hendak melakukan tes.

Jenis tes kesehatan mentalnya juga beragam. Kamu dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Satu Persen

2. Satu Persen

Melalui website satu ini kamu bisa memeriksa kondisi kesehatan mental secara gratis. Berupa website maka kamu tidak perlu repot untuk melakukan install pada ponsel.

Satu persen sendiri adalah sebuah usaha start up yang bergerak di bidang pendidikan. Pendidikan yang dimaksud bukan pendidikan di sekolah melainkan hal yang tidak ada di sekolah.

Website yang dibuat oleh satu persen ini meliputi pengecekan beberapa kondisi mental. Seperti memeriksa gangguan kecemasan sampai dengan tingkat resiliensi.

Tes yang dilakukan bebas biaya dan hasilnya bisa langsung didapatkan setelah melakukan tes. Tes kesehatan mental online melalui web ini terasa lebih singkat dan simple.

3. Pijar Psikologi

3. Pijar Psikologi

Website kali ini berasal dari sebuah organisasi yang tidak mengambil keuntungan. Fokusnya di bagian kesehatan mental.

Organisasi yang satu ini lebih bersifat screening untuk kondisi gangguan mental depresi. Metode yang digunakan adalah BDI dan terdiri dari 21 butir pertanyaan yang harus di jawab.

Screening ini bersifat gambaran umum, maka hasil tes kesehatan mental online yang satu ini perlu ditindak lanjuti setelah mendapat hasil. Tes ini bukan menjadi acuan diagnosis menyeluruh maka jangan langsung menyimpulkan ya!

4. Lalui Bersama

4. Lalui Bersama

Kalkulator yang satu ini juga dibentuk oleh Universitas Airlangga. Bedanya, website satu ini dipelopori oleh fakultas kedokteran untuk masyarakat umum.

Kalkulator ini menggunakan metode yang bernama DASS. D berarti depression, A berarti Anxiety, dan SS berarti Stress Scale. Ketiga metode tersebut merupakan kondisi gejala gangguan mental yang umum seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Ada 21 butir pertanyaan yang terdapat dalam website ini. Hasil tes bisa langsung kamu dapatkan setelah selesai mengisi setiap butir pertanyaan yang diberikan.

Akhir Kata

Demikian informasi tentang tes kesehatan mental online yang bisa diakses gratis. Website kami akan terus update secara berkala. Jangan lewati artikel lainnya, sampai jumpa!

You May Also Like