15 Aplikasi Baca Novel Gratis Offline Bahasa Indonesia Dapat Uang

gozarane.com – Di era yang maju seperti ini, membaca novel tidak hanya dilakukan dengan bentuk fisik novel seperti buku, tetapi juga dengan aplikasi baca novel.

Hal ini bertujuan supaya para pembaca bisa menikmati novel kapanpun dan di mana pun. Namun, cukup banyak orang yang mencari aplikasi gratis offline untuk membacanya.

Seperti beberapa aplikasi membaca komik online, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengakses banyak novel secara gratis atau tanpa membayar sepeser pun, menghemat uang untuk hiburan bulanan kamu. Di bawah ini adalah aplikasi membaca novel gratis yang bisa diunduh di Android atau iOS.

Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya dapat membaca, tetapi juga menulis cerita dan bahkan menghasilkan uang. Penasaran seperti apa aplikasi bacaan novel online? Silahkan cek penjelasannya di bawah ini.

15 Aplikasi Baca Novel Gratis

Kumpulan aplikasi membaca novel offline gratis yang akan kami sajikan ini juga selain bisa bermanfaat namun juga bisa menghasilkan uang berupa pulsa, saldo DANA, OVO, Shopeepay dan lainnya.

Dan kami juga memberikan aplikasi novel yang bisa dibaca tanpa menggunakan internet. Nah, berikut ini daftar aplikasi baca novel offline gratis tanpa membeli coin diantaranya adalah:

1. Novel Toon

Novel Toon

Sesuai dengan namanya, aplikasi Novel Toon ini memberi kamu judul-judul novel yang berbeda dalam genre yang berbeda, dari fantasi, romansa, komedi, kehidupan sekolah hingga perjalanan waktu.

Tidak hanya dapat digunakan sebagai aplikasi membaca novel, tetapi juga dapat berbicara dengan novelis dan memberikan saran dan pendapat tentang cerita yang ditulis penulis.

Dengan aplikasi NovelToon, kamu dapat mengunduh novel favorit kamu dan membacanya nanti, sehingga kamu dapat membacanya secara offline. Tidak hanya itu, jika kamu menyukai hobi dan menulis novel, kamu berkesempatan menjadi novelis di Novel Toon.

Nah, jika novel yang kamu tulis berhasil dan mendapatkan banyak pembaca, kamu juga menghasilkan uang darinya. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari aplikasi baca novel di Novel Toon:

  • Developer: Noveltoon
  • OS Minimal: Android 4.2 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: Bervariasi tergantung perangkat
  • Kelebihan: Anda dapat menulis ceritan sendiri, memilih berbagai jenis novel, dan berdiskusi dengan penulis dan pembaca lain.

2. Wattpad

Wattpad

Wattpad telah menjadi salah satu aplikasi paling populer untuk membaca dan menulis novel. Bahkan, aplikasi ini  menjadi aplikasi baru terlaris di Indonesia. Pengguna aplikasi baca novel ini berasal dari semua kalangan karya mulai dari remaja hingga dewasa.

Selanjutnya, aplikasi populer ini memperkenalkan novel dalam berbagai genre, mulai dari roman, horor, thriller, misteri, dan aksi hingga genre fiksi ilmiah yang juga tersedia di aplikasi ini.

Menariknya, Wattpad memungkinkan kamu untuk membaca berbagai karya dalam bahasa favorit kamu. Wattpad juga menyediakan kemampuan menulis bagi siapa saja yang ingin berbagi cerita, inspirasi, ide, dan hal lainnya yang bisa dipublikasikan langsung di aplikasi yang satu ini.

Ada berbagai puisi dan buku serta novel. Dengan aplikasi Wattpad ini, kamu bisa membaca novel secara online melalui internet. Namun, jika kamu ingin membaca novel secara offline di aplikasi Wattpad, yakinlah kamu dapat mengunduh novel yang ingin kamu baca terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari aplikasi baca novel di Wattpad:

  • Developer: Wattpad.com
  • OS Minimal: Bervariasi tergantung perangkat
  • Ukuran: Bervariasi tergantung perangkat
  • Kelebihan: Kamu dapat menerbitkan novel kamu sendiri, ada banyak pilihan novel karya penulis terkenal, dan kamu dapat mengaksesnya secara offline.

3. Storial.co

Storial.co

Bagi yang sedang mencari aplikasi baca novel gratis untuk membaca berbagai cerita Indonesia, aplikasi bernama Storial.co sangat cocok. Aplikasi ini merupakan platform bagi para penulis terkenal yang sedang populer di tanah air dan menarik untuk diikuti dan diakses.

Selain itu, Storial.co menawarkan berbagai cerita premium kepada penggunanya. Sebelum kamu dapat menikmati konten atau komposisi premium, kamu harus terlebih dahulu mengisi saldo dan membayar dengan Storial Coin.

Bahkan jika kamu perlu membeli koin, tingkat biaya dan harga berlangganan untuk aplikasi ini sangat sederhana karena tidak terlalu menguras dompet kamu. Storial Co juga masuk ke dalam daftar 17 aplikasi online gratis terbaik untuk membaca novel dan menghasilkan uang.

Dalam aplikasi ini, koleksinya sangat lengkap, dari novel anak-anak hingga novel biografi dan fantasi. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari aplikasi baca novel di Wattpad:

  • Developer: Storial.co
  • OS Minimal: Android 4.2 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 19 MB
  • Kelebihan: Memiliki fitur AudioStory, ada kemampuan untuk membagikan kutipan favorit kamu di media sosial, ada kontes menulis berhadiah jutaan rupiah, dan tersedia hingga 40 genre.

4. Joylada

Joylada

Ada juga aplikasi Joylada yang membuat  membaca novel semakin seru karena bisa langsung berdiskusi soal novel dengan orang yang kamu kenal secara online.

Joylada mengklaim bahwa aplikasi tersebut merupakan aplikasi chatting novel pertama di Indonesia dengan ribuan penulis dan pembaca aktif di seluruh Indonesia.

Pengalaman membaca cerita dan novel di sini adalah Joylada yang menyerupai aktivitas percakapan aplikasi chat populer.

Pemilihan genre yang berbeda dalam aplikasi ini juga sangat beragam sehingga menambah pengalaman pengguna yang ingin menggunakan aplikasi  populer ini untuk membaca novel.

Tak perlu dikatakan, itu juga didukung oleh tampilan UI unik yang meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi.  Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari aplikasi baca novel di Joylada:

  • Developer: OOKBEE U CO., LTD.
  • OS Minimal: Android 4.1 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 68 MB
  • Kelebihan: Dengan genre pilihan yang berbeda dan tampilan yang unik, kamu dapat membuat cerita obrolan kamu sendiri.

5/ NovelReader

NovelReader

Aplikasi untuk membaca karya novel secara online berikutnya adalah NovelReader yang menawarkan ribuan buku dan novel untuk dibaca baik online maupun offline.

NovelReader menyediakan update bacaan harian bagi siapa saja yang ingin membaca novel roman, novel China, atau novel Korea yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Berbagai tema dihadirkan, dan kamu dapat menyesuaikannya dengan keinginan kamu, seperti kisah cinta, cerita lucu yang membuat kamu tertawa, dan fiksi fantasi. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari aplikasi baca novel di NovelReader:

  • Developer: webnovel8187
  • OS Minimal: Android 6.0 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 31 MB
  • Kelebihan: Dapat dibuka secara online maupun offline, pembaruan bacaan harian, dan pilihan genre yang berbeda.

6. NovelPlus

NovelPlus

Aplikasi NovelPlus adalah penyedia baru NovelPlus.co yang dapat diunduh secara gratis di Android, iOS, dan Windows. Dengan NovelPlus, kamu dapat membaca novel dalam genre yang berbeda seperti fantasi, pahlawan, fiksi, romansa, kriminal, misteri, dan lain sebagainya.

Seperti beberapa aplikasi novel gratis lainya, NovelPlus memungkinkan kamu membuat dan menerbitkan cerita kamu sendiri. Jika teks kamu menarik, bahkan akan direkomendasikan oleh editor untuk menemukan lebih banyak pembaca.

Selanjutnya, NovelPlus menyediakan layanan diskusi dengan pembaca dan pengguna lain dari aplikasi ini mengenai novel yang telah kamu baca. Bahkan, kamu juga bisa menghubungi penulis novel secara langsung dengan NovelPlus.

Dengan mengunduh aplikasi ini, kamu dapat bertemu lebih dari 500.000 pengguna dari berbagai daerah. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari aplikasi baca novel di NovelPlus:

  • Developer: NovelPlus.co
  • OS Minimal: Android 4.2 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 8.1 MB
  • Kelebihan: Kamu dapat menerbitkan novel kamu sendiri, akses tak terbatas ke berbagai buku / novel dalam genre yang berbeda, kamu dapat membangun jaringan dan berdiskusi dengan penulis dan pembaca lain.

7. Hinovel

Hinovel

Selain itu, ada aplikasi bernama Hinovel untuk membaca novel gratis dan menghasilkan uang. Dalam aplikasi ini, kamu biasanya dapat menemukan berbagai macam novel dan cerita romantis yang sangat cocok untuk pembaca novel remaja.

Bagi kamu yang ingin membaca cerita dan genre lain yang dipilih dengan cermat, Hinovel juga menawarkan fitur rekomendasi pribadi yang memungkinkan pengguna mendapatkan rekomendasi harian untuk novel terpopuler di aplikasi ini.

Ini membuatnya menyenangkan dan mudah diakses kapan saja. Setelah membuat akun dengan aplikasi ini, kamu dapat menyelesaikan semua misi yang disajikan oleh aplikasi. Semakin banyak misi yang kamu selesaikan, semakin banyak poin yang akan kamu peroleh.

Ketika kamu telah mengumpulkan banyak poin, tukarkan dengan hadiah khusus dari aplikasi. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari aplikasi baca novel di Hinovel:

  • Developer: Hinovel
  • OS Minimal: Android 4.4 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 14 MB
  • Kelebihan: Pilih dari berbagai kisah romantis dan genre lainnya, ada misi khusus agar kamu bisa mendapatkan koin gratis.

8. WeRead

WeRead

WeRead merupakan aplikasi untuk membaca novel yang menawarkan berbagai novel gratis dan premium untuk bacaan online dan offline di dalam aplikasi. WeRead juga selalu merekomendasikan novel yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu setiap hari.

WeRead tidak hanya menerima artikel dari penulis Indonesia, tetapi juga memperkenalkan novel terjemahan terbaik dan terpopuler dari luar negeri. Namun terjemahan dalam aplikasi ini dinilai sangat lancar, sehingga mudah untuk dipahami.

Ini memudahkan pembaca baru untuk memahaminya. WeRead juga menyediakan berbagai tugas sehari-hari yang dapat dilakukan semua pengguna. Hasilkan koin untuk setiap tugas harian dan tukarkan nanti dengan hadiah.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari aplikasi baca novel di WeRead:

  • Developer: weread Inc.
  • OS Minimal: Android 4.4 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 11 MB
  • Kelebihan: Kamu dapat memilih dari berbagai novel gratis., perpustakaan novel telah diperbarui secara signifikan, tersedia fitur daily quest untuk mendapatkan reward.

9. Novelme

Novelme

NovelMe adalah aplikasi penyedia novel terkenal yang sangat populer  di mata pecinta novel. Seperti Innovel, aplikasi ini juga menawarkan berbagai genre romantis. Tentu saja, kamu dapat membacanya kapan saja, di mana saja, tergantung selera pribadi kamu.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk secara eksklusif memilih dan membaca ribuan judul novel online. Sehingga kejenuhan membaca novel bisa hilang dengan aplikasi ini. Menariknya, aplikasi ini juga sering mengadakan berbagai kontes menulis.

Pengguna tidak hanya diajak membaca novel. Tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk  mengembangkan pengalaman menulis. Dalam kontes, jika kamu menang, kamu juga bisa memenangkan hadiah. Koleksi novel di sini sangat banyak, jadi kamu tidak akan bosan.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari aplikasi baca novel di Novelme:

  • Developer: Dreame Media
  • OS Minimal: Android 5.0 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 8,1 MB
  • Kelebihan: Koleksi novel sangat banyak, lengkap dan berkualitas tinggi, kamu dapat mengunggah artikel dan berpartisipasi dalam kontes menulis, tampilan aplikasi sederhana serta bisa mudah dimengerti.

10. Webnovel

Webnovel

Web Novel adalah aplikasi yang menyajikan berbagai macam novel dalam genre yang sangat berbeda. Perlu diingat bahwa dalam aplikasi ini kamu dapat menemukan genre yang sangat canggih dan menarik, dari novel fantasi hingga roman.

Selain itu, Web Novel memperbarui berbagai bab novel setiap hari. Tentu saja, ini akan membuat pengalaman membaca kamu lebih menyenangkan. Hal yang sama berlaku ketika membaca manga populer.

Bagi pengguna yang ingin menghasilkan uang dari aplikasi ini, itu juga sangat mungkin. Web Novel sering mengadakan kontes menulis yang terbuka untuk semua pengguna.

Harga sudah termasuk tentunya. Aplikasi ini juga memiliki sistem koin bagi mereka yang aktif membaca novel dari aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari aplikasi baca novel di Web Novel:

  • Developer: Cloudary
  • OS Minimal: Android 5.0 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 65 MB
  • Kelebihan: Novel yang tersedia sangat bagus dan menarik, antarmuka pengguna keren dan nyaman untuk membaca dan menulis, banyak cerita yang diterjemahkan.

11. Amazon Kindle

Amazon Kindle

Amazon Kindle merupakan aplikasi baca novel yang sangat populer untuk membaca buku dan novel. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membaca dan menikmati ribuan novel.

Populer bagi banyak orang, aplikasi Amazon Kindle menawarkan berbagai novel yang dapat kamu nikmati secara gratis. Jika kamu pecinta novel klasik, kamu juga bisa membacanya secara gratis dengan aplikasi Amazon Kindle ini.

Selain itu, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna aplikasi ini untuk meminjam novel digital dari perpustakaan terdekat. Ini berarti aplikasi Amazon Kindle terhubung ke perpustakaan terdekat di wilayah kamu dan memiliki akses mudah ke perpustakaan.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari Amazon Kindle:

  • Developer: Amazon Mobile LLC
  • OS Minimal: Android 5.0 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: Bervariasi tergantung perangkat
  • Kelebihan: Koleksi bukunya sangat banyak, memiliki genre serta jenis buku yang berbeda.

12. English Novel Books – Offline

English Novel Books – Offline

Yang suka membaca novel sambil belajar bahasa Inggris bisa membaca novel roman sejarah secara online atau membaca genre lain dalam aplikasi bernama English Novel Books-Offline.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini gratis digunakan tanpa terlebih dahulu terkoneksi dengan internet. Ada banyak genre untuk dibaca dalam aplikasi ini.

Meskipun memiliki antarmuka yang sangat sederhana, aplikasi membaca offline gratis dan inovatif ini sangat nyaman untuk semua pengguna. Misalnya, kamu dapat beralih bab tanpa masalah lag.

Bahkan yang paling menarik pun dapat diunduh dan diinstal untuk membaca berbagai macam novel laris online gratis oleh penulis terkenal. Diantaranya adalah Arthur Conan Doyle, Mark Twain, Lewis Carroll dan berbagai penulis lainnya.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari English Novel Books-Offline:

  • Developer: NLsolution
  • OS Minimal: Android 4.4 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 45 MB
  • Kelebihan: Ada banyak pilihan novel terlaris gratis, kamu dapat mengaksesnya secara offline, menyediakan berbagai kategori cerita.

13. Goodreads

Goodreads

Tentu, kamu mungkin sering mendengar nama Goodreads ketika membaca ulasan dan  sinopsis  buku yang sedang digemari saat ini.

Aplikasi ini dikenal tidak hanya  untuk membaca novel paling populer, tetapi juga sebagai situs web terbesar di dunia di mana pengguna dapat membaca, membeli, atau menyewa buku secara online kapan saja.

Kamu tidak pernah bosan karena harus membaca buku dan novel sendiri di rumah. Aplikasi ini juga menyediakan banyak macam forum diskusi yang bisa diakses lewat grup yang disediakan.

Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk merekomendasikan buku-buku tertentu kepada teman-teman. Aplikasi ini juga menyediakan pengguna dengan sistem penilaian. Setelah poin terakumulasi, pengguna aplikasi dapat menukarkan poin dengan hadiah dari aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari Goodreads:

  • Developer: Goodreads
  • OS Minimal: Android 6.0 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 50 MB
  • Kelebihan: Memiliki banyak rekomendasi buku yang berdasarkan ulasan, banyaknya fitur yang tidak akan membosankan pembaca

14. Goodnovel

Goodnovel

GoodNovel sangat cocok untuk siapa saja yang ingin mencari aplikasi novel paling terkenal dan terbaik dengan banyak koleksi buku. Menariknya, Good Novel bahkan mengklaim bahwa semua cerita dan novel ditulis oleh tim penulis terkemuka.

Terakhir, semua pengguna dapat menikmati novel dan cerita dengan nuansa yang sangat tersedia.

Aplikasi populer ini mendorong pengguna untuk menjadi kontributor dengan menerbitkan novel kamu sendiri yang tidak hanya dapat dinikmati oleh pembaca tetapi juga pembaca lain.

Jadi, jika kamu ingin membayangkan menulis novel sendiri, tidak heran jika aplikasi ini bisa menjadi pilihan. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi aplikasi baca buku dari Goodnovel:

  • Developer: GoodNovel
  • OS Minimal: Android 4.4 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 12 MB
  • Kelebihan: Memberikan cerita berkualitas tinggi, ini memberikan kesempatan bagi pemula untuk mulai berkarya.

15. Innovel

Innovel

Innovel adalah aplikasi lain yang mungkin bisa menjadi pilihan jika kamu membutuhkan aplikasi membaca novel populer gratis. Aplikasi ini memiliki 200.000 judul novel yang dapat kamu baca kapan saja, di mana saja.

Menariknya, aplikasi ini menawarkan novel yang bisa kamu unduh secara gratis. Menawarkan berbagai genre yang bisa dipilih, aplikasi ini juga menghadirkan novel roman dengan judul dan pilihan cerita yang sangat seru dan menarik.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain di grup pemimpin yang  disediakan. Innovel juga menyiapkan sistem koin untuk pengguna setelah membaca novel.

Semakin banyak  koin yang kamu miliki, semakin banyak koin yang dapat kamu tukarkan dengan hadiah khusus. Tentu saja, semakin banyak koin yang kamu miliki, semakin banyak hadiah yang akan kamu terima.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi aplikasi baca buku dari Innovel:

  • Developer: Dreame Media
  • OS Minimal: Android 4.4 dan sistem operasi di atasnya
  • Ukuran: 19 MB
  • Kelebihan: Tersedia banyak novel romatis yang original serta memungkinkan para pembaca agar berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi baca novel yang bisa kamu akses dengan mudah dari ponsel. Untuk kamu yang jarang keluar rumah, bisa juga hanya menyediakan internet serta mengeluarkan sejumlah uang agar dapat membaca novel esklusif untuk menghibur diri.

You May Also Like