Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Traveloka

Informasi tentang cara membatalkan tiket pesawat di Traveloka penting diketahui manakala anda memesan tiket via aplikasi tersebut dan kemudian memutuskan ingin membatalkannya. Jika sebelumnya, Anda harus datang langsung ke lokasi penjualan tiket jika ingin melakukan pembatalan, maka kini bisa dilakukan melalui perangkat smartphone.

Perjalanan udara menjadi salah satu pilihan yang banyak dipakai oleh orang Indonesia sekarang. Hal ini tidak mengherankan, karena jauh lebih cepat dibandingkan dengan perjalanan darat. Apalagi kalau ingin pergi ke daerah berbeda pulau, akan lebih efektif dan efisien kalau pergi menggunakan pesawat.

Salah satu aplikasi yang banyak dipakai sekarang ini dalam memesan tiket pesawat adalah Traveloka. Di aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan berbagai hal mulai dari pemesanan tiket pesawat, melihat jadwal dan rute perjalanan, sampai maskapai mana saja yang tersedia. Sebelumnya, tentu harus instal dan registrasi aplikasi dahulu yang dapat Anda temukan di play store maupun app store.

Perjalanan udara memang tidak dapat diprediksi sesuai rencana. Perubahan penerbangan mungkin menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Atau bisa juga karena jadwal Anda yang berubah mendadak.

Untuk memudahkan para penumpang, aplikasi Traveloka juga menyediakan layanan bagi mereka yang ingin membatalkan tiket pesawat. Caranya sangat mudah karena dapat dilakukan melalui aplikasi ataupun website Traveloka.

batalkan tiket pesawat traveloka

Baca juga: Cara Membuat Garis Tepi di Microsoft Word

Langkah Membatalkan Tiket Pesawat Di Traveloka

 Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membatalkan tiket pesawat Traveloka adalah sebagai berikut.

Buka Aplikasi Traveloka dan pilih ‘pesanan’

Untuk membatalkan tiket Traveloka, pada dasarnya berlaku untuk semua maskapai penerbangan misalnya Citilink, Garuda, Sriwijaya Air, dan sebagainya. Anda juga harus memastikan punya akun dan sebelumnya memesan di Traveloka.

Buka aplikasi dan pilih pesanan yang ingin dibatalkan. Temukan menu ‘atur pesanan’ yang terdapat di bagian bawah kemudian pilih ‘refund’.

Tap ‘Baca Kebijakan’

Penting juga bagi Anda untuk membaca kebijakan sebelum melakukan refund. Silahkan tap ‘Baca Kebijakan’ untuk mengetahui seberapa besar estimasi jumlah pengembalian uang berdasarkan alasan yang Anda ajukan. Setelah selesai, Anda bisa memilih ‘lanjutkan’.

Pilih Penerbangan

Berikutnya, Anda dapat memilih penerbangan yang ingin dibatalkan sesuai dengan yang Anda pesan sebelumnya. Selanjutnya, tap ‘lanjutkan’. Berikutnya, Anda bisa tap ‘pilih alasan’ apa yang melatarbelakangi Anda membatalkan pemesanan tiket dan kemudian pilih ‘simpan’.

Selanjutnya, tap ‘pilih penumpang’, dan centang nama penumpang yang ingin dibatalkan perjalanannya. Berikutnya, tap ‘tentukan alasan refund’ dan Anda bisa memilih apa alasan refund dan ‘simpan’. Apabila sudah selesai, maka pilih ‘lanjutkan’.

Periksa Detail Refund

Anda bisa mengecek kembali detail refund yang diajukan dengan memilih ‘ajukan refund’. Berikutnya, pilih ‘Ya, Lanjutkan’ untuk mengkonfirmasi bahwa data-data yang diisi sudah benar. Selanjutnya, Anda bisa konfirmasi akun Traveloka dengan tap ‘kirim’ agar mengirimkan verifikasi kode melalui SMS. Anda bisa masukkan kode tersebut dan pilih ‘Verifikasi’.

Status pesanan Anda akan memperlihatkan bahwa permintaan untuk pembatalan tiket telah diajukan. Sebagai catatan, jumlah pengembalian dana yang diterima tergantung dari kebijakan masing-masing maskapai. Alasan, jarak, serta pengajuan dari tanggal pengajuan refund dan keberangkatan, juga akan mempengaruhi nominal.

Mengecek Status

Setelah Anda mengajukan pembatalan, bisa melihat statusnya dalam beberapa hari ke depan. Caranya mudah, Anda bisa masuk atau login ke akun Traveloka. Selanjutnya, lihat di sudut kanan atas dan tap ‘pesanan’. Kemudian cari pesanan yang ingin melihat dan tap ‘detail’.

Pada bagian bawah ‘detail pesanan’, Anda bisa tap ‘ajukan refund’. Kemudian cari ‘riwayat refund’, berikutnya tap ‘lihat detail’ untuk melihat mana status pembatalan tiket yang sudah diajukan. Anda bisa cek apakah sudah ditransfer atau belum. Hal yang patut diingat bahwa refund tiket ini akan membutuhkan waktu paling tidak maksimal 90 hari kerja.

Alasan yang Diterima Dalam Pembatalan Tiket

Secara umum, pembatalan tiket Traveloka dapat diajukan untuk sejumlah alasan pribadi. Beberapa yang bisa diajukan misalnya sakit, meninggal dunia, kehamilan, pembatalan atau perubahan jadwal oleh maskapai bersangkutan, force majeur, atau tidak sengaja melakukan pemesanan ganda. Akan tetapi, hal itu juga tergantung dari kebijakan masing-masing maskapai penerbangan.

Baca juga: Usaha Sampingan

Kapan Sebaiknya Melakukan Pembatalan?

Pengajuan pembatalan tiket harus dilakukan dalam masa tiket masih valid, yang pada setiap maskapai bisa berbeda-beda. Jika massa valid tiket sudah lewat, maka pembatalan tidak akan bisa diajukan. Disamping itu, pembatasan juga tidak bisa dilakukan apabila Anda sudah melakukan check-in baik itu secara online maupun di bandara.

Sebagai aplikasi pemesanan tiket pesawat, Traveloka memang menyajikan kemudahan cara membatalkan tiket pesawat di Traveloka. Situasi yang tidak bisa diprediksi bisa membuat seseorang akhirnya membatalkan tiket. Hal yang penting juga, Anda harus bersabar karena pengembaliannya butuh waktu dan tidak bisa hari yang sama.

You May Also Like