Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel dengan Otomatis

Tahukah kamu bahwa informasi tentang cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel akan sangat berguna untuk membuat laporan kerja jauh lebih rapi. Seperti yang diketahui, kapitalisasi menjadi hal yang diperlukan untuk data teks yang dibuat.

Dalam pelaporan, hal ini juga sangat penting karena hal bisa di bilang ini adalah sesuai dengan aturan pelaporan. Sebuah laporan yang memiliki huruf besar dan huruf kecil tidak teratur, tidak akan disukai.

Khusus bagi kamu yang masih pemula, berikut dijabarkan berbagai cara untuk mengubah huruf besar atau huruf kecil di Excel. Memang terlihat sangat spele, namun tidak bisa dipungkiri jika ada banyak pengguna Microsoft excel ini yang masih belum tau caranya.

Langkah Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Microsoft Excel

Mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital di Microsoft Word adalah hal yang mudah karena dapat memakai tombol yang disebut Change Case. Namun, jauh berbeda jika kita menggunakannya di Microsoft Excel, karena disini tidak ada tersedia fasilitas change case tersebut.

Menu tersebut ada di bagian Home yang bertuliskan Aa, namun di Microsoft Excel menu tersebut tidak tersedia. Jika tulisan yang ingin kamu ganti sedikit, sebenarnya bukan masalah besar untuk mengetik ulang. Namun, bagaimana jika ketikan itu banyak?

Untuk merubah huruf kecil menjadi huruf besar/kapital di Microsoft Excel kamu bisa menggunakan cara berikut.

1. Dengan Cara Rumus UPPER

Dengan Cara Rumus UPPE

Cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar bisa dengan rumus UPPER. Dilihat dari penggunaannya, ini cukup sederhana. Penulisan umumnya yaitu =UPPER(teks).

UPPER ini hanya memerlukan satu input saja, yaitu teks yang hendak diatur menjadi huruf besar. Masukkan semua teks ke dalam rumus dan kemudian enter. Maka, teks langsung akan menjadi semuanya huruf kapital.

Agar semakin memperdalam pemahaman tentang memakai rumus ini, kamu tentu harus sering berlatih di lembar kerja Excel. Jika kamu ingin teksnya menjadi huruf kapital secara langsung, maka bisa memakai paste special.

  • Caranya yaitu mengaktifkan mode salin pada cell mana saja tempat dimana rumus UPPER ada. Aktifkan mode salin ini dengan tekan ctrl+c setelah sebelumnya menyorot semua cell dengan rumus UPPER.
  • Jika sudah, selanjutnya akan muncul garis putus-putus di sekitar tempat Cell. Tandanya, mode pada sejumlah Cell tersebut berarti telah aktif. Pindahkan kursor ke tempat cell text berada.
  • Berikutnya, klik dropdown dan kemudian paste yang ada di tab home. Jika sudah, kamu bisa memilih paste value. Maka, huruf asli berubah menjadi huruf besar semuanya.

2. Menggunakan Rumus PROPER

Menggunakan Rumus PROP

Fungsi PROPER adalah salah satu fungsi yang ada di MS Excel, dimana fungsi ini dipakai untuk mengubah setiap huruf pertama pada setiap kata didalam teks menjadi huruf besar dan mengubah huruf lainnya menjadi huruf kecil. Dan untuk cara penulisan fungsi PROPER ini sendiri yaitu:

=PROPER ()

  • PROPER yaitu nama fungsi di Excel yang dipakai untuk merubah setiap huruf pertama pada setiap kata didalam teks menjadi huruf besar
  • Didalam tanda kurung dapat di isi refrensi sel yang nantinya akan dikonversi ke huruf besar

Untuk merubah huruf kecil menjadi huruf kapital pada awal kalimat bisa memakai fungsi ini, yaotu dengan cara:

  • Contohnya, jika text yang akan di rubah ada di sel B4, maka rumus Excel nya yaitu = PROPER(B4)
  • Kemudian pilih salah satu sel untuk menunjukkan hasil dari fungsi PROPER, lalu tuliskan rumus = PROPER (B4)
  • Setelah itu tekan Enter, maka otomatis setiap awalan kalimat akan langsung berubah menjadi huruf kapital

Baca juga: Pengertian Perbedaan Row Column

3. Cara Flash Fill 

Cara Flash Fill

Cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan fitur flash fill. Cara ini hanya bisa diterapkan untuk Excel untuk versi tahun 2013 keatas. Jadi, jika tahun di bawahnya belum bisa melakukan cara ini.  Cara menggunakannya cukup mudah.

  • Rubahlah entry teks pertama dan ganti semua hurufnya menjadi besar pada sebelah kanan cell teks itu.
  • Berikutnya, Kamu tinggal memindahkan kursor ke sel selanjutnya yang ada di deretan cell tersebut.
  • Lalu, Kamu bisa menekan tombol ctrl + E di keyboard. Excel akan secara otomatis mendeteksi pola penginputan sebelumnya dan melakukan hal yang sama ke sisa entry teks.
  • Selanjutnya, teks jadi huruf besar semua.

4. Merubah Jenis Font 

Merubah Jenis Font

Cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar dengan font mungkin banyak yang sudah mengetahuinya. Namun, dalam kesempatan ini akan diterangkan lagi terutama bagi kamu yang belum paham cara mempraktekkannya juga.

  • Langkah pertama, kamu perlu menyorot cell mana saja yang berisi teks untuk diubah hurufnya ke kapital semua.
  • Berikutnya, pada drop down menu font kamu bisa memilih jenis huruf.
  • Kamu bisa mencari jenis huruf mana yang besar semua. Ada preview yang bisa dilihat ketika memilih jenis font tersebut. Salah satunya adalah Phosphate. Kamu bisa pilih font ini.

5. Menggunakan Microsoft Word

Menggunakan Microsoft

Cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar berikutnya yang bisa dilakukan yaitu memanfaatkan Change Case Microsoft word. Fitur ini bisa merubah huruf pada sebuah teks, kata, atau kalimat sesuai yang dikehendaki. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia pada Microsoft Excel. Namun, kamu bisa membuat teks nya terlebih dahulu di word dan kemudian di copy ke Excel.

  • Sorot mana saja teks yang ingin dikostumisasi. Setelah itu, kamu bisa Copy teks tersebut dengan cara ctrl+c.
  • Selanjutnya, buka Microsoft word dan kemudian buat dokumen baru. Paste text yang disalin dari Excel. Setelah itu blok teks, kemudian pilih change case setelah klik kanan.
  • Atau, bisa juga pada change case yang ada di home. Setelah itu, kamu dapat melihat beberapa pilihan dropdown teks seperti apa yang diinginkan. Jika ingin huruf besar semua bisa memilih UPPERCASE.
  • Maka, huruf sudah menjadi kapital semua. Kamu tinggal copy teks tersebut dan kemudian paste kembali di lembar kerja Excel. Maka, tampilan huruf pun sudah berubah menjadi kapital semua.

Tips Mengatur Huruf Kapital dan Kecil di Microsoft Excel

Tips Mengatur Huruf

Biasanya ada kendala dari penggunaan fitur diatas, seperti munculnya 2 kolom. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan cara Hide Column. Caranya:

  • Blok semua kolom B, yang ada di bagian atas sel E
  • Lalu klik kanan, dan pilih Hide
  • Nanti secara otomatis kolom yang sudah kamu pilih akan disembunyikan dari lembar kerja. Namun jika kamu ingin mengembalikan kolom yang telah disembunyikan tadi, maka kamu cukup pilih semua kolom (ctrl + a).
  • Klik kanan di lembar kerja, lalu tekan Unhide.

Baca juga: Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing

Cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel sebenarnya adalah hal yang mudah untuk dipahami denagn cepat. Cukup aplikasikan panduan di atas, dan lihat hasilnya.

You May Also Like